Salin Artikel

Trump Marah soal Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi, tetapi...

Meski begitu di sela pertemuan KTT G20 yang diselenggarakan di Osaka, Jepang, Trump menyebut tidak ada yang "mengacungkan jari" kepada Saudi.

Komentar Trump itu muncul setelah pakar PBB merilis laporan bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tidak mungkin tak mengetahui pembunuhan itu.

Khashoggi yang dikenal sebagai pengkritik utama MBS dibunuh oleh tim beranggotakan 15 orang ketika mengurus dokumen pernikahan di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018.

"Saya sangat marah dan tidak senang dengan kasus itu," kata Trump kepada wartawan ketika ditanyakan apakah dia membahas kasus itu dengan MBS di pertemuan G20.

"Namun, sejauh ini tidak ada yang mengacungkan jarinya langsung kepada rasa masa depan Arab Saudi itu," terang presiden 73 tahun itu dikutip AFP Sabtu (29/6/2019).

Trump melanjutkan, Saudi sudah menangani kasus itu secara serius. Merujuk kepada pengadilan yang dikritik karena tidak transparan tanpa menyebutkan nama pelaku.

"Mereka adalah sekutu yang hebat," kata Trump yang tetap menjalin pertemanan dengan MBS, bahkan menghujaninya dengan pujian dalam pertemuan Sabtu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/29/17511721/trump-marah-soal-kasus-pembunuhan-jamal-khashoggi-tetapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke