Kompas.com - 21/03/2019, 07:26 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Donald Trump kembali memuji kerja pasukan AS dalam memerangi kelompok teroris ISIS di Suriah.

Trump bahkan menyebut ISIS akan segera terhapus dari peta dalam beberapa jam ke depan.

Berbicara di hadapan wartawan di Washington dan saat mengunjungi pabrik tank militer di Ohio, Trump menunjukkan peta yang disebutnya menunjukkan kondisi terakhir keberadaan ISIS.

Dilansir AFP, dalam satu peta terdapat tanda berwarna merah yang menunjukkan wilayah luas yang dikuasai ISIS. Sementara peta kedua, tanpa tanda merah, menunjukkan saat organisasi teroris itu telah musnah.

"Tidak ada lagi warna merah. Sebenarnya masih ada titik kecil, tapi itu akan lenyap malam ini," ujar Trump di Gedung Putih, Rabu (20/3/2019).

Baca juga: ISIS Sebut Trump Tak Lebih dari Seorang Pencuri dan Pengecut

Selanjutnya saat mengunjungi pabrik tank militer di Lima, Ohio, sambil berdiri di dekat tank M1A2 Abrams, Trump sekali lagi menunjukkan peta-peta tersebut dan menyoroti keunggulan militer AS dalam melawan kelompok militan ISIS.

"Ketika saya mengambil alih, semuanya terlihat berantakan. Mereka (ISIS) ada di semua tempat, di Suriah dan Irak," ujarnya sambil menunjukkan peta pertama dengan tanda merah.

"Sekarang saat Anda melihatnya, tidak ada lagi warna merah," kata Trump disambut sorak sorai pekerja.

"Mulai hari ini, inilah ISIS, tidak ada lagi. Kekhalifahan akan hilang mulai malam ini," katanya.

Ini bukan kali pertama Trump menyatakan kemenangan atas ISIS. Pada Desember lalu, Trump mendeklarasikan kemenangan atas ISIS di Suriah. Pernyataan itu diikuti dengan perintah penarikan pasukan AS dari wilayah Suriah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.