Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Ratu Inggris Ucapkan Belasungkawa atas Tragedi di Selandia Baru

Kompas.com - 15/03/2019, 21:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengecam aksi teror dan penembakan di dua masjid di Selandia Baru yang telah menewaskan 49 orang dan melukai puluhan lainnya, pada Jumat (15/3/2019).

Melalui akun media sosial Twitter miliknya, Trump turut menyampaikan simpati atas para korban tewas dan seluruh rakyat Selandia Baru.

"Saya menyampaikan simpati terhangat dan harapan terbaik kepada orang-orang di Selandia Baru setelah terjadinya pembantaian mengerikan di masjid."

Baca juga: Dunia Ramai-ramai Kutuk Serangan Teroris di Masjid Selandia Baru

"Sebanyak 49 orang tidak bersalah telah tewas tanpa alasan, dengan banyak lainnya yang terluka parah. Amerika Serikat mendukung Selandia Baru untuk semua yang bisa kami lakukan. Tuhan memberkati semua," tulis Trump.

Pernyataan resmi juga disampaikan juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders yang mengatakan akan berdiri dalam solidaritas bersama warga dan pemerintah Selandia Baru atas insiden yang terjadi.

Sementara itu Ratu Inggris Elizabeth II turut menyampaikan kesedihannya atas serangan teror di Selandia Baru.

"Saya sangat sedih dengan peristiwa mengerikan di Christchurch.Pangeran Philip dan saya menyampaikan duka cita kepada keluarga dan rekan dari para korban meninggal."

"Pada saat yang tragis ini, pikiran dan doa saya bersama semua warga Selandia Baru," kata Ratu Elizabeth dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis Kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth juga menyampaikan rasa hormat kepada para petugas dan relawan yang telah bekerja dan memberikan dukungan kepada para korban luka.

Anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya, Pangeran Charles, menyebut aksi penyerangan di Selandia Baru sebagai tindakan mengerikan dan biadab.

"Tidak dapat dipercaya, begitu banyak yang harus terbunuh dan terluka di tempat ibadah mereka."

"Tindakan kejam yang mengerikan ini merupakan serangan terhadap kita semua yang menghargai kebebasan beragama, toleransi, kasih sayang, dan berkumpul."

"Orang-orang Selandia Baru tidak akan membiarkan kebencian dan perpecahan menang atas hal-hal yang mereka sayangi," kata Pangeran Charles.

Baca juga: Facebook dan YouTube Hapus Video Penembakan di Selandia Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com