Salin Artikel

Trump: ISIS Segera Terhapus dari Peta

Trump bahkan menyebut ISIS akan segera terhapus dari peta dalam beberapa jam ke depan.

Berbicara di hadapan wartawan di Washington dan saat mengunjungi pabrik tank militer di Ohio, Trump menunjukkan peta yang disebutnya menunjukkan kondisi terakhir keberadaan ISIS.

Dilansir AFP, dalam satu peta terdapat tanda berwarna merah yang menunjukkan wilayah luas yang dikuasai ISIS. Sementara peta kedua, tanpa tanda merah, menunjukkan saat organisasi teroris itu telah musnah.

"Tidak ada lagi warna merah. Sebenarnya masih ada titik kecil, tapi itu akan lenyap malam ini," ujar Trump di Gedung Putih, Rabu (20/3/2019).

Selanjutnya saat mengunjungi pabrik tank militer di Lima, Ohio, sambil berdiri di dekat tank M1A2 Abrams, Trump sekali lagi menunjukkan peta-peta tersebut dan menyoroti keunggulan militer AS dalam melawan kelompok militan ISIS.

"Ketika saya mengambil alih, semuanya terlihat berantakan. Mereka (ISIS) ada di semua tempat, di Suriah dan Irak," ujarnya sambil menunjukkan peta pertama dengan tanda merah.

"Sekarang saat Anda melihatnya, tidak ada lagi warna merah," kata Trump disambut sorak sorai pekerja.

"Mulai hari ini, inilah ISIS, tidak ada lagi. Kekhalifahan akan hilang mulai malam ini," katanya.

Ini bukan kali pertama Trump menyatakan kemenangan atas ISIS. Pada Desember lalu, Trump mendeklarasikan kemenangan atas ISIS di Suriah. Pernyataan itu diikuti dengan perintah penarikan pasukan AS dari wilayah Suriah.

Namun, beberapa hari lalu, juru bicara ISIS, Abu Hassan al-Muhajir, untuk kali pertama sejak September, kembali merilis pesan rekaman suara.

Dalam pesan tersebut al-Muhajir mengolok-olok Trump yang mengklaim telah menang dari ISIS. Dia juga menyebut presiden AS itu sebagai pengecut dan pencuri.

Sementara di Suriah, tepatnya di desa Baghouz, pertempuran terakhir Pasukan Demokratik Suriah (SDF) terhadap wilayah terakhir ISIS masih berlangsung dan belum menunjukkan tanda-tanda akan usai.

Ribuan anggota ISIS telah menyerah atau melarikan diri, tetapi ribuan warga sipil lain disebut masih bertahan di dalam benteng pertahanan terakhir. Ini menyebabkan pasukan yang dipimpin Kurdi dan didukung AS tak dapat melancarkan serangan secara gegabah.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/21/07265951/trump-isis-segera-terhapus-dari-peta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke