Kompas.com - 08/03/2019, 21:03 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Otoritas India pada Jumat (8/3/2019) telah meledakkan sebuah rumah mewah di tepi pantai milik seorang miliarder yang menjadi buronan atas kasus penipuan bank, Nirav Modi.

Properti seluas 3.000 meter persegi yang dibangun di kota pesisir, Alibaug, dekat Mumbai itu diyakini bernilai lebih dari 14 juta dollar AS (sekitar Rp 200 miliar).

Bangunan mewah itu disita dari Modi yang dituduh terlibat dalam kasus penipuan besar-besaran terhadap bank yang sempat mengguncang komunitas korporat di India.

"Kami telah merobohkan bangunan tersebut hingga rata dengan tanah menggunakan dinamit," kata Bharat Shitole, pejabat pemerintah di negara bagian Maharashtra, kepada AFP.

Baca juga: Diliputi Dendam, Dua Bersaudara Ledakkan Rumah Sakit di Peru

Rekaman video proses penghancuran bangunan mewah yang berlangsung dalam hitungan detik itu telah ditayangkan di saluran berita India.

Shitole mengatakan, pihak berwenang memutuskan untuk menghancurkan bangunan mewah di tepi pantai itu daripada melelangnya lantaran rumah itu dibangun secara ilegal dan disebut telah melanggar aturan lingkungan.

Nirav Modi (48), dikenal sebagai seorang miliarder yang memiliki usaha perhiasan dan memiliki toko di sejumlah kota besar di dunia. Dia kerap menggembar-gemborkan soal para pelanggannya yang berasal dari dunia hiburan Hollywood, seperti Naomi Watts, Kate Winslet hingga Priyanka Chopra.

Namun reputasinya hancur setelah dia dituduh terlibat dalam kasus penipuan senilai 1,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 25 triliun) yang melibatkan Bank Nasional Punjab (PNB), pemberi pinjaman publik terbesar kedua di India.

Selain Modi, paman, sekaligus mitra bisnis sesama pedagang berlian, Mehul Choksi, juga dituduh telah menipu PNB sebesar lebih dari 40 juta dollar AS (sekitar Rp 572 miliar).

Pihak berwenang mengatakan bahwa pasangan itu telah mengalihkan sejumlah besar uang pinjaman secara ilegal untuk berinvestasi di perusahaan asing.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.