Kompas.com - 22/10/2018, 18:12 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Salah satu dari 15 pelaku menyamar sebagai jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi di momen dia dibunuh 2 Oktober lalu.

Dalam laporannya Senin (22/10/2018), CNN mendapat potongan rekaman yang menunjukkan seorang pria keluar dari pintu belakang gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Pria itu memakai setelan Khashoggi, mengenakan jenggot palsu serta kacamata, dan terlihat di Masjid Biru beberapa jam setelah Khashoggi mendatangi gedung.

Baca juga: Ini Beda Kanada dengan AS dalam Menanggapi Saudi soal Kematian Khashoggi

Pria dalam rekaman itu diidentifikasi bernama Mustafa al-Madani. Sumber penyelidik Turki berkata dia merupakan bagian dari 15 orang yang dikirim ke Istanbul.

Sumber itu menuturkan, Madani yang mempunyai perawakan sama dengan Khashoggi berperan mengelabui awak media dan menutupi kematian Khashoggi.

"Penilaian kami tidak berubah sejak 6 Oktober lalu. Ini adalah pembunuhan berencana dan jenazahnya dibawa keluar dari konsulat," terang sumber tersebut.

Rekaman memperlihatkan Madani masuk bersama pelaku lain, seorang ahli forensik Saudi Salah al-Tubaigi. Saat itu, Madani tak berjenggot.

Selain itu dia memakai kemeja kotak biru-putih dan celana biru gelap, sebelum keluar dengan mengenakan pakaian Khashoggi.

"Kemungkinan pakaian Khashoggi masih hangat ketika dipakai oleh Madani," demikian penjelasan penyelidik Turki anonim tersebut.

Sebelumnya, Khashoggi dilaporkan menghilang ketika mendatangi gedung konsulat untuk mengurus dokumen pernikahan dengan tunangannya, Hatice Cengiz 2 Oktober lalu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.