Kompas.com - 14/02/2020, 15:51 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi membantah rumor bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Pekan lalu, media Israel Hayom mengabarkan, terdapat diskusi antara AS, Arab Saudi, Mesir, dan Tel Aviv untuk menggelar pertemuan di Kairo.

Nantinya, agenda tersebut juga akan diikuti oleh perwakilan dari Uni Emirat Arab, Sudan, Oman, serta Bahrain.

Baca juga: Arab Saudi Larang Warga Israel untuk Berkunjung

Berdasarkan sumber diplomat Arab, Putra Mahkota MBS bisa membantu PM Israel untuk menangkal suara oposisi, ataupun tuduhan korupsi yang tengah disangkutkan kepadanya.

Merespons kabar tersebut, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menyatakan, MBS tidak mempunyai rencana bertemu Netanyahu.

"Kebijakan Arab Saudi telah sangat jelas sejak bermulanya konflik ini. Tidak ada hubungan antara Pemerintah Arab Saudi dengan Israel dan Kerajaan Saudi berpihak kepada Palestina," ujarnya dilansir AFP, Kamis (13/2/2020).

Seperti kebanyakan negara Arab, Saudi tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Pemerintah Israel.

Meski begitu, Riyadh berbagi musuh yang sama, yakni Iran, di mana kedua negara mulai menunjukkan hubungan yang hangat.

Pada akhir Januari lalu, Pangeran Faisal memberi tahu CNN bahwa warga Israel masih belum diizinkan untuk berkunjung ke negeri petrodollar tersebut.

Pernyataan itu disampaikan setelah Tel Aviv memberikan lampu bagi warganya yang Muslim ataupun Yahudi untuk datang ke Saudi, baik untuk umrah maupun bisnis.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.