Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Nama Tahanan Diduga Disiksa hingga Tewas di Penjara Suriah Terungkap

Kompas.com - 01/08/2018, 06:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah daftar yang memuat hampir 8.000 nama, diduga tahanan rezim Suriah yang mengalami penyiksaan hingga tewas di penjara Suriah, terungkap ke publik.

Daftar tersebut, yang diyakini belum mencakup seluruh korban yang tewas di tangan sipir penjara di Suriah, dirilis oleh situs Zaman al-Wasl berkoordinasi dengan Pusat Dokumentasi Pelanggaran Suriah pada Minggu (29/7/2018) malam.

Terungkapnya daftar tersebut menyusul dikeluarkannya sejumlah besar pemberitahuan kematian yang ditujukan kepada keluarga tahanan oleh pemerintah Suriah.

Melansir dari Al Arabiya, dalam daftar tersebut, terdapat 7.953 nama korban yang diyakini merupakan korban penyiksaan di dalam penjara selama pemerintahan rezim Presiden Bashar Al Assad, sejak pecahnya protes anti-pemerintah pada 2011.

Baca juga: Pasukan Rezim Suriah Dituduh Jarah Makam di Kota Harasta

Di antara daftar nama tersebut terdapat 125 anak-anak, 63 wanita dan sisanya pria.

Para korban tersebut berasal dari seluruh penjuru Suriah, namun sebagian besar datang dari kota-kota di mana aksi protes pro-demokrasi secara besar-besaran terjadi pada 2011 dan 2012.

Sekitar 1.856 nama korban tersebut berasal dari pinggiran Damaskus, sementara 870 orang lainnya merupakan penduduk ibu kota.

Para korban diyakini ditahan saat dilakukan penyisiran terhadap peserta demonstrasi di kawasan permukiman ibu kota, menyebabkan ribuan aktivis ditahan.

Namun demikian, ada perdebatan mengenai kebenaran daftar nama yang dirilis Zaman al-Wasl dengan beberapa aktivis mengklaim daftar tersebut termasuk nama-nama yang sudah dikonfirmasi sebelumnya telah mati atau masih hidup.

Sementara menurut Komite Koordinasi Lokal Daraya mengatakan, daftar nama tersebut diambil dari laman mereka. Menurut komite tersebut, dalam daftar tersebut memuat sejumlah data tanggal yang salah.

Baca juga: Assad: Pasukan Rusia akan Berada di Suriah dalam Jangka Panjang

Selain itu, banyak nama di dalamnya yang telah dipublikasikan lewat Cesar Files, yakni dokumen yang dikumpulkan berdasarkan foto yang telah diselundupkan keluar Suriah oleh mantan fotografer penjara.

Data dari Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia, terdapat setidaknya 104.000 orang yang telah ditahan atau dihilangkan secara paksa oleh rezim Assad.

Dikhawatirkan banyak dari mereka yang ditahan dapat terbunuh selama berada di penjara.

Bukti tentang adanya eksekusi massal tahanan di dalam penjara juga tampak dalam sebuah foto yang terungkap dan menunjukkan adanya krematorium di dalam penjara Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com