Kompas.com - 07/05/2018, 10:59 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan bakal menggelar pertemuan di Singapura.

Kabar tersebut diembuskan media Korea Selatan (Korsel), Chosun dan Yonhap, seperti dilansir South China Morning Post, Minggu (6/5/2018).

Dalam sepekan terakhir, Panmunjom diyakini mempunyai peluang besar bakal menjadi lokasi perundingan Kim dan Trump.

Sebab, Trump begitu terpukau dengan perhatian dunia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea yang digelar 27 April lalu.

Baca juga: Trump akan Bertemu Presiden Korsel di Gedung Putih pada 22 Mei

Namun, sumber internal Korsel menjelaskan bahw Kim dan Trump sepakat untuk menunjuk Singapura sebagai pihak ketiga.

Selain itu, jadwal pertemuan pun mundur dari akhir Mei menjadi pekan ketiga Juni setelah pertemuan G7 di Kanada pada 8-9 Juni mendatang.

"Namun, ada peluang Panmunjom kembali dipertimbangkan mengingat Trump yang begitu sulit diprediksi," demikian laporan dari Chosun dan Yonhap.

Adapun Trump pada pekan lalu (4/5/2018) menyatakan bahwa tanggal pertemuannya dengan Kim telah ditetapkan. "Kami bakal segera mengumumkannya," tuturnya.

Kabar pertemuan itu terjadi setelah KTT yang dilakukan Kim dan Presiden Korsel Moon Jae-in menandatangani Deklarasi Panmunjom.

Dalam deklarasi itu, Korsel dan Korut sepakat untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea dan membawa era perdamaian di kawasan tersebut.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.