Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Pertimbangkan Panmunjom Jadi Lokasi Pertemuan dengan Kim Jong Un

Kompas.com - 30/04/2018, 23:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Yonhap

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mulai menimbang-nimbang lokasi pertemuannnya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Kali ini, seperti diberitakan Yonhap Senin (30/4/2018), Trump menyiratkan memakai Panmunjom yang berada di Korea Selatan (Korsel) melalui kicauan di Twitter.

Desa di zona demiliterisasi itu menjadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea antara Korsel dan Korut pekan lalu (27/4/2018).

Baca juga : PM Singapura: Belum Ada Permintaan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Kim-Trump

"Banyak negara dipertimbangkan. Namun, bisakah Rumah Perdamaian menjadi lokasi paling penting, abadi, dan representatif? Hanya bertanya!" kata Trump.

Sebelum dia menuliskan kicauan tersebut, sempat beredar isu kalau tuan rumah pertemuan Trump dan Kim mengerucut ke dua negara; Singapura dan Mongolia.

Untuk Singapura menjadi pilihan selain infrastruktur dan keamanan lebih baik, negara itu juga masih bisa dijangkau oleh Korut.

Kemudian, Singapura juga pernah menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah dua negara yang berseteru, yakni China dan Taiwan di November 2015.

Namun, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong berkata kalau dia masih belum menerima permintaan dari AS maupun Korut.

"Lokasi pertemuan itu harus disetujui baik oleh Korut maupun AS. Dan saya ragu mereka telah mencapai kesepakatan itu," kata Lee.

Indonesia kemudian menawarkan diri sebagai lokasi pertemuan Kim dan Trump yang dijadwalkan dihelat Mei atau awal Juni tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Senin.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Korut An Kwang Il, dan Duta Besar Korsel Kim Chang Beom.

"Kami menawarkan, apabila ada rencana pertemuan antara Pemimpin Kim Jong Un dengan Presiden Donald Trump, bisa dilaksanakan di Indonesia. Kami tawarkan itu," kata Presiden Jokowi.

Baca juga : Jokowi Tawarkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Trump dan Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com