Salin Artikel

Trump-Kim Jong Un Dikabarkan Bertemu di Singapura pada Juni

Kabar tersebut diembuskan media Korea Selatan (Korsel), Chosun dan Yonhap, seperti dilansir South China Morning Post, Minggu (6/5/2018).

Dalam sepekan terakhir, Panmunjom diyakini mempunyai peluang besar bakal menjadi lokasi perundingan Kim dan Trump.

Sebab, Trump begitu terpukau dengan perhatian dunia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea yang digelar 27 April lalu.

Namun, sumber internal Korsel menjelaskan bahw Kim dan Trump sepakat untuk menunjuk Singapura sebagai pihak ketiga.

Selain itu, jadwal pertemuan pun mundur dari akhir Mei menjadi pekan ketiga Juni setelah pertemuan G7 di Kanada pada 8-9 Juni mendatang.

"Namun, ada peluang Panmunjom kembali dipertimbangkan mengingat Trump yang begitu sulit diprediksi," demikian laporan dari Chosun dan Yonhap.

Adapun Trump pada pekan lalu (4/5/2018) menyatakan bahwa tanggal pertemuannya dengan Kim telah ditetapkan. "Kami bakal segera mengumumkannya," tuturnya.

Kabar pertemuan itu terjadi setelah KTT yang dilakukan Kim dan Presiden Korsel Moon Jae-in menandatangani Deklarasi Panmunjom.

Dalam deklarasi itu, Korsel dan Korut sepakat untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea dan membawa era perdamaian di kawasan tersebut.

Sementara itu, China, sekutu utama Korut, berusaha agar mereka tidak terpinggirkan selama proses negosiasi tentang Semenanjung Korea.

Pada Sabtu (5/5/2018), Direktur Komisi Luar Negeri China Yang Jiechi menelepon Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengenai perkembangan Semenanjung Korea terbaru.

Juru Bicara Kemenlu China Lu Kang menyatakan, kepada Pompeo, Yang menegaskan krusialnya posisi Beijing dalam proses perdamaian semenanjung.

"Kami berharap semua pihak mempertimbangkan pendekatan 'dua arah" yang ditawarkan China, dan bekerja keras demi mendapatkan perdamaian di Semenanjung Korea," kata Lu.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/07/10593651/trump-kim-jong-un-dikabarkan-bertemu-di-singapura-pada-juni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke