Kompas.com - 23/01/2018, 14:39 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara mengubah tanggal hari ulang tahun tentara nasional dan menggantinya menjadi 8 Februari.

Laporan KCNA yang dimonitor di Seoul menyebutkan sejumlah langkah praktis juga sedang dipersiapkan Korea Utara untuk menandai perayaan bersejarah itu.

Tanggal 8 Februari bertepatan dengan satu hari sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan.

Sebelumnya, perayaan hari tentara nasional Korea Utara jatuh pada 25 April.

"8 Februari akan menjadi hari pembentukan tentara (Korea Utara)," tulis laporan KCNA, seperti dikutip dari Yonhap, Selasa (23/1/2018).

Baca juga : Hari Ini dalam Sejarah: Korea Utara Tangkap Kapal AL Amerika Serikat

Korea Utara dilaporkan sedang mempersiapkan parade militer skala besar sehingga membutuhkan mobilisasi pasukan dan persenjataan yang beragam.

Sebelumnya, seorang pejabat Korea Selatan mengatakan ada sekitar 13.000 tentara dan 200 peralatan militer yang terdeteksi di dekat bandara, di Pyongyang.

Di sisi lain, hari pembentukan tentara nasional Korea Utara dipilih hanya satu hari menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Korea Utara berencana untuk bergabung dalam perhelatan olahraga yang digelar pada 9-25 Februari 2018 dengan mengirim atlet, rombongan seni dan pejabat.

Baca juga : Trump: Soal Korea Utara, Rusia Tidak Membantu Sama Sekali

Sebuah tim dari Korea Utara mengunjungi Korea Selatan selama dua untuk memeriksa tempat pertunjukan kesenian.

Korea Selatan juga akan mengirim tim inspeksi ke Korea Utara pada Selasa (23/1/2018), untuk memeriksa tempat di mana kedua Korea akan mengadakan acara budaya dan olahraga bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.