Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan China-Korea Utara Menurun Tajam Sepanjang 2017

Kompas.com - 13/01/2018, 14:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Perdagangan antara China dengan Korea Utara mengalami penurunan yang tajam sepanjang tahun lalu.

CNBC melaporkan juru bicara administrasi umum kepabeanan, Huang Songping, pada Jumat (12/1/2018) menyatakan perdagangan kedua negara tersebut menurun 10,5 persen dibandingkan dengan 2016.

Sementara, selama Desember 2017, perubahan terlihat lebih menonjol. Keseluruhan perdagangan China - Korea Utara menurun hingga 50,6 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016.

Baca juga : Dokter di China Minta Tambahan Biaya dari Pasien yang Tengah Dibedah

Pada Desember 2017, impor China dari Korea Utara merosot 81,6 persen dari setahun sebelumnya menjadi 54,34 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 725,8 miliar. Angka tersebut merupakan terendah dalam empat tahun terakhir.

Ekspor China ke negara pimpinan Kim Jong Un juga turun hingga 23,4 persen menjadi 260 juta dolar AS atau Rp 3,4 triliun.

Data yang dirilis kemarin seakan mencerminkan hubungan yang dingin antara Beijing dan Pyongyang. China memegang peran sebagai mitra dagang terbesar dan sumber bantuan utama Korea Utara, sehingga memiliki pengaruh besar.

Baca juga : Ini Konsekuensinya Jika Dituduh Jadi Penyihir di China

Namun, hubungan bilateral kedua negara telah melemah sejak Korea Utara mulai menguji coba senjata nuklir pada 2006. Sementara, China telah bergabung dengan kelompok masyarakat internasional dalam mendukung sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Baru-baru ini, di bawah tekanan berat dari Amerika Serikat, negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu mulai menekan Korea Utara.

China telah melarang pemilik dana dalam negeri untuk melakukan bisnis dengan klien Korea Utara, dan menghentikan ekspor tertentu sesuai dengan sanksi internasional.

Baca juga : Diduga Tertekan di Sekolah, Seorang Remaja di China Coba Bunuh Diri

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan administrasi pemerintahan presiden Donald Trump menyambut baik penurunan perdagangan antara China dan Korea Utara.

"Ini mendukung ipaya global yang dipimpin AS untuk menerapkan tekanan maksimum sampai Korea Utara mengakhiri program terlarangnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com