Salin Artikel

HUT Tentara Korea Utara Diubah Jadi Sehari Sebelum Olimpiade Korsel

Laporan KCNA yang dimonitor di Seoul menyebutkan sejumlah langkah praktis juga sedang dipersiapkan Korea Utara untuk menandai perayaan bersejarah itu.

Tanggal 8 Februari bertepatan dengan satu hari sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan.

Sebelumnya, perayaan hari tentara nasional Korea Utara jatuh pada 25 April.

"8 Februari akan menjadi hari pembentukan tentara (Korea Utara)," tulis laporan KCNA, seperti dikutip dari Yonhap, Selasa (23/1/2018).

Korea Utara dilaporkan sedang mempersiapkan parade militer skala besar sehingga membutuhkan mobilisasi pasukan dan persenjataan yang beragam.

Sebelumnya, seorang pejabat Korea Selatan mengatakan ada sekitar 13.000 tentara dan 200 peralatan militer yang terdeteksi di dekat bandara, di Pyongyang.

Di sisi lain, hari pembentukan tentara nasional Korea Utara dipilih hanya satu hari menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Korea Utara berencana untuk bergabung dalam perhelatan olahraga yang digelar pada 9-25 Februari 2018 dengan mengirim atlet, rombongan seni dan pejabat.

Sebuah tim dari Korea Utara mengunjungi Korea Selatan selama dua untuk memeriksa tempat pertunjukan kesenian.

Korea Selatan juga akan mengirim tim inspeksi ke Korea Utara pada Selasa (23/1/2018), untuk memeriksa tempat di mana kedua Korea akan mengadakan acara budaya dan olahraga bersama.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/23/14395111/hut-tentara-korea-utara-diubah-jadi-sehari-sebelum-olimpiade-korsel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke