Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2017, 21:44 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ISLAMABAD, KOMPAS.com – Empat negara ini, yakni Afganistan, Pakistan, China, dan Amerika Serikat (AS) akan melanjutkan pembicaraan mereka, Senin (16/10/2017), di Oman dalam usaha untuk mencari penyelesaian politis melalui perundingan atas perang Afganistan.

Pertemuan yang dinamakan Quadrilateral Cooperation Group (QCG), di negara Teluk itu diadakan setelah terhenti  16 bulan.

Para pejabat tinggi kementerian luar negeri dari empa negara tersebut  akan memimpin delegasi negara masing-masing dalam pembicaraan empat pihak itu.

"Tujuannya adalah mendatangkan faksi-faksi yang berperang ke meja perundingan. Semua anggota QCG akan mengadakan pertemuan dan memutuskan tentang pengambilan langkah berikut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Nafees Zakaria, menjelang pertemuan Senin.

Baca: Jenderal AS Yakin Rusia Pasok Senjata untuk Taliban Afganistan

QCG diluncurkan Januari tahun 2016. Tujuannya adalah agar semua anggota menggunakan pengaruh masing-masing terhadap pemerintah Afganistan dan pemberontak Taliban supaya mereka melakukan perundingan.

Tetapi proses perdamaian itu macet setelah sidang kelima pada Mei 2016 setelah serangan drone AS menewaskan pemimpin Taliban, Mullah Akhtar Mansoor, ketika ia sedang melintasi provinsi Baluchistan, Pakistan.

Keengganan pemberontak melakukan pembicaraan perdamaian dengan pemerintah Afganistan dan hubungan Kabul yang rusak dengan Islamabad juga menghambat pembicaraan QCG sebelumnya untuk mencapai kemajuan yang signifikan.

Baca: Taliban Serang Sebuah Kantor Polisi Afganistan, 5 tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.