Kompas.com - 09/05/2016, 10:07 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ISTANBUL, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Minggu (8/5/2016), menuduh negara-negara kuat di Barat yang memerangi jihadis Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah,  gagal membantu pemerintahannya melawan kelompok militan itu di wilayah Turki.

“Mereka meninggalkan kami sendirian berjuang melawan organisasi ISIS, yang menumpahkan darah kami dengan pengeboman bunuh diri dan serangan roket lintas batas ke kota Kilis,  perbatasan Turki,” kata Erdogan hari Minggu di Istanbul.

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah pihak berwenang mengatakan serangan bombardir Turki menewaskan 55 pemberontak ISIS di Suriah utara.

Serangan itu sebagai pembalasan atas serangan roket ISIS selama beberapa minggu yang telah menewaskan lebih dari 20 orang di dan dekat Kilis.

Sumber-sumber militer mengatakan, tembakan artileri Turki hari Sabtu (7/5/2016) itu diarahkan ke beberapa wilayah di sebelah utara Aleppo, kota yang bergolak di Suriah.

Mereka mengatakan serangan itu juga menghancurkan tiga instalasi roket dan tiga kendaraan ISIS.

Keluhan Erdogan itu adalah isyarat terbaru ketegangan antara Turki dan Uni Eropa.

Negara-negara Uni Eropa telah menyerukan Turki agar mereformasi undang-undang anti-teror yang dinilai semakin sering digunakan untuk menjerat para pengkritik dan penentang presiden.

Sementara Erdogan berkeras bahwa negaranya,  yang menghadapi ancaman ganda dari para pemberontak Kurdi dan terorisme ISIS,  perlu memperkuat UU anti-teror dan bukan membatasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.