Kompas.com - 24/12/2015, 21:06 WIB
EditorFarid Assifa
KOMPAS.com — Komandan lokal Taliban dan 50 anak buahnya terbunuh dalam pertempuran sepanjang malam di Sangin, provinsi Helmand, Afganistan, seperti disampaikan Menteri Dalam Negeri Afganistan, dikutip BBC, Kamis (24/12/2015).

Komandan lokal Taliban yang tewas itu bernama Mullah Nasid, orang kepercayaan pemimpin Taliban, Mullah Akhtar Mansour.

Pasukan Afganistan bertempur demi merebut kembali wilayah Sangin yang dikuasai Taliban.

Pejabat Afganistan menyatakan, mereka berhasil merebut kembali bangunan-bangunan kunci, seperti kantor gubernur dan markas kepolisian, dalam sebuah serangan balik yang didukung serangan udara Amerika Serikat.

Sangin dikatakan sebagai lokasi strategis bagi Taliban karena merupakan pusat produksi opium.

Sementara itu, pertempuran di Sangin memuncak sejak minggu lalu, dan pada Rabu kemarin, militan Taliban mengklaim telah menguasai kembali kota tersebut dan mengepung pasukan pemerintah dalam sebuah barak tentara.

Namun, klaim itu dibantah Menteri Dalam Negeri Afganistan yang menyatakan, pertempuran masih berlanjut, sedangkan pasukan tambahan terus dikerahkan.

Hingga kini, belum jelas apakah Taliban sepenuhnya masih menguasai Sangin atau tidak. Informasi tersebut masih simpang siur.

Sementara itu, pesawat AS sudah melancarkan dua serangan udara terhadap posisi-posisi Taliban sebelum tengah malam pada Rabu (23/12/2015), kata juru bicara NATO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.