Kompas.com - 17/06/2015, 06:34 WIB
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com - Pengusaha raksasa properti, Donald Trump, mengumumkan akan mengajukan diri sebagai bakal calon presiden Amerika Serikat dalam pemilihan tahun 2016.

Trump -yang merupakan anggota Partai Republik- belum pernah mencalonkan diri sebelumnya walau sering membahas kemungkinan itu.

"Saya secara resmi mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat dan kita akan membuat negara kita hebat kembali," katanya kepada para pendukungnya di Menara Trump yang terkenal di New York.

Dia menambahkan kekayaannya akan membuatnya menjadi presiden yang efektif.

"Negara kita berada dalam masalah serius. Kita tidak punya kemenangan lagi. Kapan terakhir kali orang melihat kita mengalahkan, sebutlah, China dalam kesepakatan dagang?"

"Mereka membunuh kita. Saya selalu mengalahkan China," tegasnya.

Pengumuman Trump ini, Selasa 16 Juni, disampaikan sehari setelah Jeb Bush menyatakan diri sebagai bakal calon presiden dari Partai Republik.

Bush yang berusia 62 tahun -yang ayah dan kakaknya pernah menjadi presiden Amerika Serikat- berjanji untuk memulihkan negara, yang menurutnya berada di jalan yang salah.

Saat menyatakan pencalonannya, Trump juga mengatakan 'akan segera' menghentikan perintah eksekutif Presiden Barack Obama, yang mencegah pendatang tanpa dokumen dideportasi.

"Menyedihkan, mimpi Amerika sudah mati," katanya.

Trump menjadi anggota Partai Republik ke-12 yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden untuk pemilihan tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.