Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary Clinton, dari Ibu Negara hingga Mimpi Presiden Perempuan AS Pertama

Kompas.com - 13/04/2015, 07:42 WIB
Bayu Galih

Penulis

KOMPAS.com - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton sudah menentukan sikapnya untuk maju sebagai kandidat calon presiden dari Partai Demokrat. Jika semesta mendukung kemenangan Hillary, maka politisi Partai Demokrat itu akan menjadi presiden perempuan pertama di negeri Abang Sam tersebut. Jika itu terjadi, tentu sejarah ganda akan tercipta, mengingat suami Hillary, Bill Clinton, merupakan presiden AS ke-42.

Dilansir dari AFP, Senin (13/4/2015), Hillary merupakan sebuah pesona di perpolitikan AS. Bisa jadi dia merupakan perempuan yang paling dikagumi sekaligus paling sering menerima kritik dalam sejarah politik AS. Di usia 67 tahun, Hillary berusaha memenangkan hati masyarakat AS setelah muncul ke publik sejak 41 tahun silam.

Hillary pertama kali dikenal publik pada 1977, saat mendampingi Bill Clinton yang ketika itu bersiap maju sebagai calon Gubernur Arkansas. Meski begitu, persentuhan Hillary dengan politik sudah terjadi sebelum bertemu Bill. Hillary merupakan mahasiswi jurusan politik di Wellesley College pada 1965, yang kemudian melanjutkan studinya ke Yale Law School, kampus hukum paling prestisius di AS, pada tahun 1969. 

Aktivitas di Yale menyebabkan Hillary mulai dekat dengan sejumlah isu politik, seperti hak konstitusional dan kebebasan masyarakat sipil. Perempuan dengan nama lahir Hillary Diane Rodham ini kemudian bekerja untuk lembaga Washington Research Project milik aktivis Marian Wright Edelman. Dalam buku A Woman in Change karya Carl Bernstein, Hillary menganggap Edelman sebagai mentor politik pertamanya.  

Di Yale pula Hillary berkenalan dengan Bill Clinton muda, yang merupakan mahasiswa di Yale Law School. Citra Hillary sebagai mitra sejajar bagi Bill Clinton dalam perpolitikan AS memikat hati publik, yang terus berlanjut saat Bill Clinton menapak jalan menuju pintu Gedung Putih pada Pilpres AS 1992.

Tak heran jika pada 1993, majalah People kemudian menjadikan ibu dari Chelsea Clinton ini sebagai sampul dengan tajuk "The Real Woman Hillary Clinton", yang memuji Hillary sebagai sebagai "perempuan sejati".

Ujian Hillary sebagai Nyonya Clinton pun muncul ketika skandal Bill Clinton dengan Monica Lewinsky terungkap pada Januari 1998. Meski mengaku marah, tapi perempuan kelahiran Chicago pada 26 Oktober 1947 ini tetap memaafkan suaminya.

Dalam buku Living History yang ditulis pada 2003, Hillary mengungkap alasannya memaafkan Bill Clinton, selain cinta yang telah terbiasa selama puluhan tahun. "Tidak ada yang bisa memahami saya dan bisa membuat saya tertawa seperti yang dilakukan Bill," tulis Hillary.

Solo career

Kekuatan memaafkan ini ternyata meningkatkan popularitasnya. Menurut survei Gallup, popularitasnya pada Desember 1998 meningkat hingga 67 persen. Popularitas ini pun 'dimanfaatkan' hingga kemudian Hillary melaju di Pemilu 2000 dengan menjadi Senator New York.

Pada tahun 2008, Hillary lalu mencoba peruntungannya dan maju sebagai kandidat capres. Tapi upayanya ini dikandaskan Barack Obama yang ketika itu memang menjadi "idola" bagi Partai Demokrat dengan program-program perubahannya.

Hillary yang ketika itu menolak menonjolkan keperempuanannya memang tak berdaya dalam pemilihan pendahuluan atau kaukus Partai Demokrat. Apalagi isu perubahan sangat diterima mengingat kejenuhan masyarakat AS dengan kepemimpinan George W. Bush.

Namun, Obama kemudian memercayai Hillary dan memberinya jabatan Menteri Luar Negeri. Saat memimpin Kemenlu, Hillary mampu menghadirkan politik luar negeri yang cenderung nonagresif dan dianggap moderat. Salah satunya ketika menyikapi pergolakan di Timur Tengah, yang lebih dikenal dengan sebutan Arab Spring.

Hillary tercoreng saat terjadi kasus penyerangan di Benghazi yang menewaskan empat warga negara AS,termasuk Dubes AS untuk Libya Christopher Stevens pada tahun 2012 silam. Sebagai Menlu, Hillary saat itu memang dianggap bertanggung jawab terhadap terjadinya serangan.

Hillary juga menuai kritik saat menggunakan email dari akun pribadi untuk urusan resmi kenegaraan. Kongres AS bahkan telah meminta sebuah komite untuk melakukan penyelidikan atas email dari akun pribadi milik Hillary, sebab kebiasaan ini dianggap berpotensi membocorkan rahasia negara ke pihak luar. Tapi Hillary beralasan menggunakan email dari akun pribadi hanya karena alasan kenyamanan.

Setelah menjalani peran sebagai Ibu Negara, Senator, hingga Menteri Luar Negeri, tampaknya mimpi menjadi presiden perempuan pertama di AS semakin mendekati kenyataan. Hillary kini menjadi kandidat kuat untuk memenangkan konvensi capres yang diadakan Partai Demokrat.

Jika menang, jalan Hillary tentu masih tak mudah. Sejumlah kekurangan yang dihadapi pemerintahan Barack Obama, terutama di bidang ekonomi, diprediksi membuat para pemilih tak lagi terbuai dengan janji perubahan ala Partai Demokrat. Tentu dibutuhkan strategi apik oleh tim Hillary untuk menarik hati masyarakat AS yang semakin skeptis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com