Kompas.com - 03/06/2015, 16:20 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com — Sedikitnya 10.000 anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas sejak koalisi internasional pimpinan AS mulai melakukan serangan udara di Irak dan Suriah sembilan bulan lalu. Demikian ungkap Wakil Menlu AS Antony Blinken, Rabu (3/6/2015).

"Kami sudah menyaksikan banyak kerugian yang diderita ISIS sejak kampanye serangan udara ini dimulai, lebih dari 10.000 (tewas)," ujar Blinken kepada Radio France International.

"Kampanye serangan udara ini pasti akan memberikan dampak (untuk ISIS)," ujar Blinken.

Pernyataan Blinken ini dibuat setelah koalisi internasional yang beranggotakan negara-negara Barat dan Arab bertemu di Paris, Perancis.

Dalam kesempatan itu, Blinken mengatakan telah terlihat kemajuan pesat dalam perang melawan ISIS meski demikian ISIS masih mampu bertahan dan melakukan inisiatif serangan.

"Pada awal kampanye militer ini, kami sudah katakan butuh waktu (untuk mengalahkan ISIS). Kami membayangkan sebuah rencana selama tiga tahun dan operasi ini baru berjalan sembilan bulan," ujar Blinken.

Pernyataan Blinken ini seolah hendak membantah pernyataan PM Irak Haider al-Abadi yang menyebut koalisi internasional tak berbuat banyak dalam perang melawan ISIS.

Al-Abadi juga mengkritik Arab Saudi yang meski menjadi salah satu anggota kunci koalisi, tetapi negeri itu dianggap tak mencegah gelombang para pemuda negeri itu yang berangkat ke Irak untuk bergabung dengan ISIS.

Pertemuan negara-negara koalisi ini digelar setelah Pemerintah Irak mengalami kekalahan terbesar selama hampir satu tahun terakhir setelah pada 17 Mei lalu ISIS merebut kota Ramadi, yang hanya berjarak 90 kilometer sebelah barat ibu kota Baghdad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.