Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Eksekusi Pilot Jordania, UEA Mundur dari Koalisi Anti-ISIS

Kompas.com - 04/02/2015, 16:56 WIB
DUBAI, KOMPAS.com — Uni Emirat Arab (UEA) mundur dari koalisi internasional yang memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) setelah pilot Jordania dieksekusi kelompok militan tersebut. Demikian harian The New York Times mengabarkan, Rabu (4/2/2015).

Negara Timur Tengah, yang menjadi salah satu sekutu kunci AS dalam serangan udara melawan ISIS, memutuskan menunda serangan udaranya sejak Desember lalu karena khawatir akan keselamatan para pilotnya.

Pemerintah UEA menuntut AS untuk meningkatkan upaya pencarian dan penyelamatan (SAR) di wilayah utara Irak dengan menggunakan pesawat-pesawat Osprey V-22.

UEA mengatakan, para pilot angkatan udara negeri itu tidak akan terlibat lagi dalam serangan udara hingga pesawat-pesawat Osprey, yang bisa lepas landas seperti helikopter tetapi terbang seperti pesawat konvensional, dikirim ke wilayah utara Irak.

Pilot Jordania, Maaz al-Kassasbeh, ditangkap ISIS setelah pesawat jetnya jatuh di dekat Raqqa, Suriah. UEA mengatakan, pilot Jordania itu seharusnya bisa diselamatkan jika terdapat lebih banyak waktu disediakan untuk upaya penyelamatan.

Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed bin Sultan Al Nahyan lewat Dubes AS di UEA Barbara Leaf mempertanyakan mengapa AS tidak memiliki sumber daya memadai di Irak utara untuk menyelamatkan para pilot yang jatuh di wilayah musuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com