Kompas.com - 15/08/2014, 12:57 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Warga Suriah menerima dengan tangan terbuka pengungsi Yazidi yang masuk ke kamp pengungsi di wilayah utara Suriah. ISIS merampas kota mereka di Irak utara demi kekhalifahan yang jauh dari keniscayaan.

Menurut warta AP pada Jumat (15/8/2014), kamp pengungsi itu, di Nowruz, masuk dalam pengelolaan PBB melalui Badan Pengungsi (UNHCR). Sampai kini, ada 15.000 pengungsi Yazidi yang tinggal di berbagai kamp pengungsi di wilayah Suriah. "Mereka terluka, lelah, dan trauma," kata seorang relawan asal Turki saat melayani para pengungsi.

Warga Suriah di kawasan itu berbondong-bondong mendonasikan pakaian pantas pakai bagi para pengungsi. Ada juga yang membantu memberikan transportasi dari perbatasan Suriah-Irak menuju kamp pengungsi. "Kami menerima mereka dengan senyum dan tangan terbuka," kata salah seorang warga Suriah.

Sementara itu, selain pasukan bersenjata wilayah Otonomi Kurdi di Irak, bantuan untuk memerangi kelompok ISIS juga datang dari kelompok warga Kurdi yang tinggal di Suriah. Kelompok bersenjata ini mengamankan rute menuju kawasan aman bagi para pengungsi Yazidi yang datang dari Irak menuju Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.