Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Bom Pinggir Jalan, 4 Tentara Thailand Tewas

Kompas.com - 11/12/2013, 17:10 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Empat orang prajurit Thailand tewas dan belasan lainnya terluka saat sebuah bom pinggir jalan meledak di kawasan bergolak Thailand Selatan, Rabu (11/12/2013).

Bom rakitan berukuran 50 kilogram itu disembunyikan di dalam sebuah tabung gas dan diledakkan dari jarak jauh dengan telepon genggam sebagai pemicu.

Ledakan keras terjadi di sekitar tengah malam ketika sebuah truk militer melintas. Demikian penjelasan polisi di distrik Kha Pho, Provinsi Pattani.

Selain itu 12 prajurit lainnya terluka dengan enam di antaranya dalam kondisi kritis.

"Sebanyak 16 prajurit berada di dalam truk. Mereka sidang digantikan sementara untuk beristirahan dan berekreasi," tambah polisi itu.

Sementara itu,  kepolisian di provinsi Yala mengatakan dua warga Muslim tewas tertembak ada Selasa (9/12/2013), tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sejak 2004, lebih dari 5.500 orang tewas di wilayah selatan Thailand yang mayoritas warganya beragama Islam. Pemerintah menuding pemberontak setempat sebagai pelaku aksi-aksi pengeboman dan penembakan.

Aparat keamanan dan para pejabat pemerintah kerap menjadi sasaran serangan. Target lain adalah warga Muslim yang dianggap sebagai kolaborator pemerintah.

Awal tahun ini, pemerintah Thailand menggelar pembicaraan damai pertama dengan para pemberontak selatan namun tidak membuahkan hasil signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com