Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Bersenjata di Thailand Selatan, 6 Tewas

Kompas.com - 02/05/2013, 17:16 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Orang-orang bersenjata di Thailand selatan menembak mati enam warga, termasuk anak balita, dalam serangan di sebuah desa di Provinsi Pattani, Thailand selatan, Kamis (2/5/2013).

Polisi setempat mengatakan para penyerang mengeluarkan tembakan senjata otomatis. Sebagian korban tewas adalah warga setempat dari komunitas Buddha.

Wartawan BBC di Bangkok Jonah Fisher melaporkan pelaku tiba di depan toko di desa itu dengan mengendarai sepeda motor pada Rabu malam (1/5/2013).

"Mereka tampak mengeluarkan tembakan secara membabi buta ke arah toko, dan enam orang termasuk anak yang usianya belum mencapai tiga tahun tewas," tutur Jonah Fisher.

Seorang lainnya masih dirawat di rumah sakit.  

Pembalasan

Para pelaku meninggalkan catatan di lokasi kejadian tetapi tidak menyebut nama kelompok yang bertanggung jawab.

Dalam catatan hanya disebutkan bahwa serangan dilakukan sebagai pembalasan atas kematian teman-teman mereka.

"Pernyataan itu mungkin merujuk pada peristiwa hampir tiga bulan ketika 16 orang pemberontak tewas ketika mereka berusaha merebut pangkalan militer Thailand," kata Jonah Fisher.

Insiden terjadi dua hari setelah perundingan antara kelompok separatis dengan pemerintah Thailand yang diadakan di Malaysia berakhir tanpa kesepakatan.

Lebih dari 5.000 orang tewas dalam kekerasan di Thailand selatan yang mayoritas penduduknya Muslim sejak perlawanan bermula pada 2004.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com