Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Militan Tembak 4 Warga Desa di Thailand Selatan

Kompas.com - 04/12/2013, 13:56 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Empat warga desa di Thailand selatan tewas ditembak sekelompok orang bersenjata yang diduga adalah kelompok militan. Demikian pernyataan polisi setempat, Rabu (4/12/2013).

Para korban, yang semuanya adalah pria, sedang menumpang sebuah mobil bak terbuka pada Selasa (3/12/2013) malam saat mobil mereka disergap di distrik Nongchik, provinsi Pattani.

"Saat ini kami menduga pembunuhan itu terkait dengan urusan pemberontakan," kata Kolonel Yukol Prasatnanont, kepala polisi distrik Nongchik.

Yukol menambahkan, orang kelima dalam rombongan itu hingga kini masih hilang, sementara dua orang lainnya mengalami luka ringan.

Dalam sebuah insiden terpisah, seorang Muslim berusia 49 tahun tewas ditembak di kediamannya juga pada Selasa malam di distrik Kapho, Pattani.

Sudah lebih dari 2.700 orang tewas sejak konflik di kawasan ini, yang didominasi penduduk Muslim, bergejolak pada 2004.

Serangan terhadap aparat keamanan dan bahkan rakyat sipil terus terjadi, meski, dalam waktu bersamaan, pembicaraan perdamaian terus digelar.

Seharusnya putaran pembicaraan terbaru antara pemerintah dan  pemberontak Muslim digelar pada Desember ini. Namun, pemerintah menundanya dan akan menggelarnya kembali saat krisis politik di ibu kota berakhir.

"Kami mencoba menggelar pembicaraan bulan ini. Namun jika tak memungkinkan, kami akan menundanya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com