Kompas.com - 04/10/2013, 14:42 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com — Presiden Suriah Bashar al-Assad, Kamis (3/10/2013), menegaskan, Turki akan "membayar mahal" jika terus memberi dukungan untuk pemberontak yang ingin menggulingkan rezim pemerintahannya.

"Dalam waktu dekat, para teroris ini akan berdampak pada Turki. Dan, Turki akan membayar mahal atas kontribusinya," kata Assad dalam wawancara dengan stasiun televisi Turki, Halk TV.

Stasiun televisi itu mewawancarai Assad terkait keberadaan pasukan pemberontak yang terkait Al Qaeda di perbatasan Suriah dan Turki.

"Tak tertutup kemungkinan menggunakan terorisme sebagai sebuah kartu dan menyimpannya di dalam saku Anda. Sebab, terorisme seperti kalajengking yang tak ragu menyengat Anda pada saat lengah," tambah Assad.

Hubungan antara kedua negara yang awalnya bersekutu dekat itu memburuk sejak pemberontakan rakyat melawan rezim Assad pecah pada Maret 2011.

Aksi massa itu kemudian menjadi konflik bersenjata yang tak kunjung berakhir dan sudah menewaskan sekitar 115.000 orang.

PM Turki Recep Tayyip Erdogan kini menjadi salah satu pendukung utama kelompok pemberontak Suriah.

"Semua yang dikatakan Assad soal Suriah dan rakyatnya adalah kebohongan, titik. Erdogan tak berbuat apa pun selain mendukung teroris," ujar Assad.

Pada 17 September lalu, pasukan Turki menembak jatuh sebuah helikopter militer Suriah yang diklaim telah melanggar wilayah udara Turki.

Damaskus menilai tindakan pasukan Turki itu semakin memanaskan hubungan antara kedua negara.

Assad mengakui helikopter itu memang memasuki wilayah udara Turki untuk mencegah masuknya lebih banyak teroris dari wilayah Turki.

Pada Kamis (3/10/2013), parlemen Turki memperpanjang mandat kepada militernya untuk menginvasi wilayah Suriah jika diperlukan selama satu tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.