Kompas.com - 02/07/2013, 19:40 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Lembaga statistik independen dalam rilis terbarunya menyebut Taliban Pakistan sebagai biang keladi serangan bom di Pakistan. Menurut warta AP pada Selasa (2/7/2013), data itu menunjukkan selama semester pertama 2013, ada 981 orang tewas dalam 163 serangan bom yang mematikan.

Data itu juga mengatakan kalau tudingan mengarah ke kelompok teroris Taliban Pakistan yang berada di belakang alias biang keladi serangan bom itu. Dari 163 serangan bom itu, 26 di antaranya adalah serangan bom bunuh diri.


Tak cuma itu, data tersebut juga menunjukkan kelompok teroris seperti Taliban Pakistan menggunakan serangan bom bunuh diri sebagai bentuk perlawanan. Bom bunuh diri juga merupakan bentuk dominasi Taliban Pakistan atas lawan-lawannya.

Sementara itu, kawasan Khyber Pakhtunkhwa adalah kawasan yang paling sering menjadi tempat serangan bom. Dari jumlah 163 serangan bom itu, 58 di antaranya terjadi di Khyber Pakhtunkhwa.

Lokasi serangan bom acap terjadi di perbatasan antara Pakistan dan Afganistan selama jangka waktu itu. Di perbatasan tersebut terjadi 43 kali serangan bom. Berikutnya, juga di perbatasan, serangan bom terjadi 32 kali di Baluchistan. Kemudian, di Provinsi Sindh, serangan bom terjadi 30 kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.