Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Bos F1 Ini Mengaku Rela Ditembak demi Putin

Kompas.com - 09/07/2019, 20:49 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Mantan bos Formula 1 (F1) Bernie Ecclestone mengungkapkan kekagumannya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, dan rela melakukan apa pun untuknya.

Menurut Ecclestone, Putin "terlalu sibuk" untuk terlibat dalam serangan terhadap mantan agen ganda Rusia Sergey Skripal dan putrinya, Yulia, Maret tahun lalu.

Baca juga: Mertua Bos F1 Dibebaskan dari Penculik

Saat itu, Skripal dan Yulia ditemukan tidak sadar di sebuah bangku di Salisbury di aman dari tubuh keduanya, dokter menemukan racun saraf era Uni Soviet, Novichok.

"Jika seseorang mempunyai senapan mesin dan bersiap menembak Putin, saya bakal berdiri di depannya," ujar Ecclestone kepada The Times via Sky News Selasa (9/7/2019).

Miliuner berusia 88 tahun itu menerangkan, Putin adalah orang baik yang tidak pernah melakukan perbuatan yang dirasa mendatangkan keburukan bagi masyarakat.

Ecclestone juga mengatakan, dia merasa seharusnya Putin "memerintah Eropa" serta menjelaskan invasi terhadap Crimea adalah upaya untuk "mneyatukan Rusia".

"Saya ingin orang seperti dia yang berkuasa di Eropa. Kami belum pernah mendapatkan sosok yang pantas. Dia selalu melakukan apa yang dia katakan," katanya.

Selain itu, Ecclestone mengaku bukanlah seorang pendukung demokrasi. Dia menuturkan mereka membutuhkan sosok diktator karena pasti melakukan apa yang dia ucapkan.

Ini bukan kali pertama Ecclestone mengucapkan hal kontroversial. Dia pernah memuji Pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler dan membuatnya terpaksa minta maaf.

Baca juga: Bertemu Paus Fransiskus, Putin Terlambat 45 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com