Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2018, 13:05 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang merilis rencana pertahanan yang memuat persetujuan untuk mempunyai kapal induk pertama sejak Perang Dunia II.

Rencana yang disetujui dalam pertemuan kabinet itu sebagai upaya untuk mengimbangi meningkatnya pengaruh militer China yang meluas di kawasan itu.

SCMP maupun AFP mewartakan Selasa (18/12/2018), dalam panduan pertahanan selama lima tahun ke depan, terdapat poin untuk mengubah dua kapal perusak angkut helikopter kelas-Izumo.

Baca juga: Jepang Berencana Punya Kapal Induk Pertama sejak Perang Dunia II

Dua kapal bernama Izumo dan Kaga itu nantinya bakal diubah spesifikasinya hingga menjadi kapal induk yang bisa meluncurkan jet tempur.

Perubahan itu diharapkan bisa menampung 42 jet tempur siluman F-35B buatan Amerika Serikat (AS) yang mampu untuk lepas landas maupun mendarat secara vertikal.

Jet tempur F-35B itu bakal dibeli Jepang dalam 10 tahun ke depan. Selain itu, mereka juga berencana membeli 105 unit F-35A yang mempunyai kemampuan lepas landas dan mendarat secara konvensional.

Sumber dari pejabat Jepang mengatakan, mereka tidak mempunyai lahan yang cukup untuk dijadikan landasan guna meluncurkan F-35.

"Sebuah kapal induk tentu sangat berguna di barat Pasifik, di mana Jepang ingin berperan penting dalam aliansi dengan AS," tutur pejabat itu.

Panduan pertahanan itu bakal meneguhkan rencana Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan kemampuan militer Jepang untuk membuatnya menjadi "negara normal".

Tokyo menjelaskan upaya itu dibutuhkan karena tantangan yang meningkat di kawasan itu. Termasuk ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

Jepang juga mencatat ekspansi yang dilakukan secara rahasia semakin meyakinkan mereka untuk menjalankan rencana mengubah spesifikasi kapal kelas-Izumo.

Namun langkah tersebut menuai kritik dikarenakan Jepang sudah berkomitmen untuk tak memperluas kemampuan militernya lewat konstitusi pasca-Perang Dunia II.

Belum lagi rencana mereka membeli rudal jelajah yang bisa langsung menghantam target, di mana oposisi menyatakan langkah itu menjauhi konstitusi damai Jepang.

Ketua Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam konferensi pers menuturkan mereka perlu beradaptasi cepat untuk menyambut tantangan keamanan di kawasan.

"Kami meyakini bahwa langkah yang kami jalankan saat ini telah sesuai dengan konstitusi Jepang," ujar Suga dalam penjelasannya.

Baca juga: Kapal Induk Baru Milik China Mulai Berlayar Akhir Bulan Ini

Rencana hingga 2024 itu diperkirakan bakal menelan dana 27,47 triliun yen, sekitar Rp 3.536 triliun, termasuk biaya pembelian pesawat 1 triliun yen, atau Rp 128,7 triliun.

Pejabat anonim Jepang berujar kapal Izumo yang sudah dimodifikasi dan jet tempur F-35 bakal meningkatkan fleksibilitas pertahanan Jepang di kawasan terpencil.

"Jangkauan pasukan kami sangat sangat kecil. Yakni di sekitar Okinawa hingga Taiwan," ujar sumber itu. Dia meyakinkan Tokyo tak berencana membangun armada besar.

Dia menuturkan mereka tak akan bisa menyamai AS yang mempunyai skuadron jet tempur maupun kekuatan yang bisa dikerahkan untuk menyerang.

Baca juga: Permintaan Pembelian F-35 Ditolak, Taiwan Kembali Pertimbangkan Jet F-16V

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com