Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2020, 12:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Sebanyak 174 dari 3,711 orang di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang dilaporkan positif menderita virus corona.

Otoritas menyatakan, terdapat 39 kasus baru di Diamond Princess yang hasil tesnya positif, di tengah masa karantina yang bakal habis pekan ini.

Kapal pesiar yang menampung 3.711 penumpang dan awak kapal menjadi lokasi terpapar terbesar kedua virus corona di luar daerah asalnya di China.

Baca juga: Hibur Pasien Virus Corona Covid-19, Staf Rumah Sakit di Wuhan Ajak Menari

"Dari 53 hasil yang keluar, 39 di antaranya terkonfirmasi," jelas Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato kepada awak media.

Dilansir AFP, Rabu (12/2/2020), petugas karantina diketahui juga terinfeksi penyakit yang mendapat nama resmi Covid-19 tersebut.

Kato menerangkan, ada empat orang yang dirawat di rumah sakit berada dalam kondisi serius, baik di ruang ventilator maupun ruangan perawatan intensif.

Diamond Princess langsung menjalani karantina sejak bersandar pada awal pekan lalu, setelah penumpang yang turun di Hong Kong positif terkena virus.

Para penumpang dan awak kapal yang masih negatif diminta tetap berada di dalam kabin, dan hanya boleh meninggalkan tempat selama memakai masker.

Otoritas Negeri "Sakura" awalnya mengambil sampel 300 dari 3.711 yang menunjukkan gejala, dan segera membawa pasien positif ke rumah sakit.

Dalam beberapa hari terakhir, pemeriksaan diperluas terhadap penumpang yang menunjukkan gejala baru, atau terlibat kontak dengan pasien sebelumnya.

Sejauh ini, sudah dilakukan 492 pemeriksaan dengan penghuni tersisa diminta mengenakan masker, menjaga jarak, dan secara teratur diperiksa suhu tubuhnya.

Baca juga: Dampak Virus Corona, 156 WN China Ajukan Izin Tinggal Keadaan Terpaksa di Bali

"Kecemasan meningkat"

Kapal pesiar Diamond Princess diprediksi bakal tetap dikarantina hingga 19 Februari, atau tepat 14 hari sesuai dengan prediksi inkubasi selama 14 hari.

Di luar Diamond Princess, Tokyo sudah mengumumkan adanya 28 kasus positif, dengan delapan di antaranya dievakuasi dari Wuhan, lokasi asal wabah virus corona.

Beberapa pasien yang dievakuasi dan saat ini menjalani karantina dikabarkan bakal segera dilepaskan paling lambat Rabu petang waktu setempat.

Dalam pesan yang disebarkan via media sosial, kapten kapal menjelaskan, mereka berusaha mengikuti panduan pemerintah untuk memastikan kesehatan penumpang.

Baca juga: RSUP Sanglah Tangani 32 Pasien Diduga Terjangkit Virus Corona, 30 Dipulangkan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com