Kompas.com - 17/02/2020, 10:57 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Pejabat senior AS menyatakan, 40 warganya di kapal pesiar yang tengah menjalani karantina di Jepang positif terinfeksi virus corona.

"Sebanyak 40 di antara warga AS tertular," kata Anthony Fauci, ofisial di Institut Kesehatan Nasional, dalam acara CBS' Face the Nation.

Pada Sabtu (15/2/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menuturkan ada 400 warga AS di kapal pesiar Diamond Princess.

Baca juga: 1 Penumpang Kapal Pesiar Amerika Positif Virus Corona di Malaysia

Nantinya, mereka akan dievakuasi dari Jepang, dan dibawa kembali ke Negeri "Uncle Sam" di mana mereka akan dikarantina selama 14 hari.

Namun Fauci menyatakan, 40 orang yang positif tertular virus corona tidak akan masuk ke dalam gelombang evakuasi dari Negeri "Sakura".

"Mereka tidak akan pergi ke mana pun. Mereka akan dirawat di rumah sakit Jepang," tegas Fauci seperti diberitakan AFP Senin (17/2/2020).

Saat ditanya seberapa parah pasien, Fauci menjelaskan beragam. Dia mengatakan ada yang mengidap gejala ringan, namun berpotensi menularkannya kepada orang lain.

"Atau, Anda juga bisa terinfeksi dan menderita cukup parah sehingga butuh perawatan, dan mungkin juga membutuhkan penanganan serius," paparnya.

Dia menambahkan, siapa pun yang menunjukkan gejala Covid-19, nama resmi virus, tidak akan masuk ke dalam daftar evakuasi.

Baca juga: Ditolak di 5 Pelabuhan karena Khawatir Virus Corona, Kapal Pesiar Diterima di Kamboja

Fauci berujar jika ada orang yang memperlihatkan gejala, penderita secara tegas bakal langsung dipisahkan selama di penerbangan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.