Kompas.com - 11/02/2020, 17:25 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Dua warga Jepang yang dievakuasi dari Wuhan dilaporkan terinfeksi virus corona, setelah hasil tes sebelumnya menunjukkan negatif.

Satu dari dua warga itu, pria berusia 50-an, adalah gelombang pertama yang diberangkatkan Tokyo dari kota asal penyebaran virus pada 29 Januari.

Saat menjalani dua tes awal, pria itu memperlihatkan negatif virus corona, hingga dilakukan lagi tes 12 hari kemudian, ujar kementerian kesehatan.

Baca juga: Menkes: Belum Ada Virus Corona Terdeteksi Harusnya Bersyukur, Bukan Dipertanyakan

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), masa inkubasi virus dengan kode 2019-nCov itu bisa lebih dari 14 hari, dilaporkan AFP Selasa (11/2/2020).

Kemudian kasus kedua menimpa warga Jepang berumur 40-an yang dievakuasi dari Wuhan pada 30 Januari. Dia dinyatakan positif pada tes kedua Senin (10/2/2020).

Kasus itu membuat jumlah korban yang terpapar virus di Negeri "Sakura" mencapai 28 orang. Belum lagi infeksi dari penumpang kapal pesiar yang dikarantina.

Ada 135 di kapal Diamond Princess, dengan Senin Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi ada 65 kasus baru, di mana mereka segera dilarikan ke rumah sakit.

Kapal pesiar itu membawa 3.711 orang ketika bersandar pada 3 Februari, dan langsung menjalani karantina dua hari kemudian.

Mereka yang diperbolehkan keluar adalah yang sudah positif terinfeksi maupun menderita penyakit serius yang harus segera ditangani.

WHO dalam kicauannya menyatakan, masa karantina itu diperkirakan bakal berakhir pada 19 Februari, atau dua pekan berdasarkan asumsi inkubasi.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.