Kompas.com - 29/11/2018, 16:59 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang dilaporkan berencana memperoleh kapal induk pertamanya sejak Perang Dunia II untuk mengantisipasi menguatnya militer China.

Diwartakan The Guardian Kamis (29/11/2018), saat ini Angkatan Laut Jepang memiliki dua kapal pengangkut helikopter kelas Izumo.

Baca juga: Kapal Induk AS Merapat di Pelabuhan Hong Kong

Nantinya, kapal dengan panjang 248 meter yang bisa menampung 14 helikopter tersebut bakal ditingkatkan hingga bisa meluncurkan jet tempur.

Harian bisnis Nikkei melaporkan, rencana peningkatan itu bakal dimasukkan ke dalam panduan pertahanan nasional yang bakal dirilis Desember.

Rencana itu muncul setelah sebelumnya Tokyo mempertimbangkan untuk membeli 100 unit jet tempur F-35 dari Amerika Serikat (AS).

Rencana pembelian dengan nilai kontrak lebih dari 1 triliun yen, sekitar Rp 127,7 triliun, itu bakal melengkapi 42 unit F-35 yang lebih dulu dibeli.

Peningkatan dua kapal kelas Izumo itu menuai kritikan karena dianggap melanggar komitmen pasca-perang bahwa Jepang hanya fokus kepada perlindungan negaranya sendiri.

Pemerintahan Jepang sebelumnya selalu mengesampingkan rencana mengubah kapal Izumo. Jika merujuk konstitusi damai, peningkatan itu bisa diartikan tindakan ofensif.

Namun Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada Presiden AS Donald Trump pada September lalu berkata, peralatan yang bagus dan canggih bisa menunjang pertahanan Jepang.

Rencana itu bergulir setelah China dilaporkan membangun kapal induk yang bisa dikerahkan ke perairan Pasifik dekat dengan wilayah Jepang.

"Karena itu, saya kira Izumo bisa dipakai untuk berbagai tujuan," kata Menteri Pertahanan Takeshi Iwaya kepada awak media awal pekan ini.

Jika sudah ditingkatkan, harian Mainichi Shimbun mengabarkan kapal Izumo bisa dikerahkan ke kawasan terpencil Jepang di sebelah barat daya.

Baca juga: Sebuah Helikopter Jatuh di Dek Kapal Induk AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.