Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Induk Baru Milik China Mulai Berlayar Akhir Bulan Ini

Kompas.com - 03/04/2018, 14:36 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Kapal induk pertama buatan dalam negeri China, Tipe 001A, akan melakukan pelayaran perdana di Laut Bohai akhir bulan ini.

"Beijing akan menggelar upacara pelayaran perdana Tipe 001A karena kapal ini adalah kapal induk yang sepenuhnya dirancang dan dibuat di China," ujar seorang sumber kepada harian South China Morning Post, Selasa (3/4/2108).

Sumber itu menambahkan, pelayaran perdana tersebut akan digelar sebelum ulang tahun ke-69 AL China pada 23 April mendatang.

"Waktu persis pelayaran perdana itu akan ditentukan kondisi ombak dan gelombang, dengan kondisi terbaik saat gelombang laut mencapai titik yang cukup tinggi," tambah sumber itu.

Baca juga : Militer China Kirim Kapal Induk ke Selat Taiwan

Bulan lalu, ketua Perusahaan Galangan Kapal Dalian (DSIC) Liu Zhng mengatakan, kapal induk Tipe 001 memang sudah siap untuk melakukan pelayaran perdana.

Sumber lain yang dekat dengan AL China mengatakan, pelayaran perdana tersebut dilakukan untuk menguji fungsi-fungsi dasar seperti sistem tenaga, pengendalian kerusakan, dan sistem komunikasi.

"Pelayaran perdana itu kemungkinan hanya merupakan manuver berputar di Teluk Bohai, untuk memastikan sebuah dek yang berada di bawah permukaan air tidak mengalami kebocoran," papar sumber itu.

Sumber tersebut melanjutkan, AL China khawatir kapal ini akan mengalami masalah yang sama dengan kapal induk Ingris HMS Queen Elizabeth yang mengalami kebocoran dalam uji coba tahun lalu.

"Tak seperti kapal induk pertama China, Liaoning, yang direnovasi dari kapal bekas Rusia, Tipe 001 dibuat murni dengan teknologi China sehingga membutuhkan uji coba," ujar dia.

"Keselamatan tetap menjadi prioritas utama dalam pelayaran perdana. Jika tak ada kebocoran, kapal induk itu akan melakukan pelayaran lebih lama mungkin selama dua atau tiga hari," lanjutnya.

Baca juga : Kapal Induk Merapat ke Vietnam, AS Berniat Buat Pakta untuk Hadang China

Sejumlah sumber kepada South China Morning Post memaparkan, kapal induk ini kemungkinan besar baru akan bertugas secara resmi akhir tahun ini atau awal 2019.

Meski demikian, sejumlah sumber menyebut belum dapat dipastikan kapan kapal induk itu siap menjalankan tugas tempur karena minimnya kru dan komandan berpengalaman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com