Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berebut Produk Kosmetika, Dua Turis Perempuan China Berkelahi

Kompas.com - 28/08/2018, 21:50 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber SCMP

SEOUL, KOMPAS.com - Dua orang perempuan China terekam kamera berkelahi di sebuah toko Lotte duty free di Seoul, Korea Selatan karena pertengkaran di sebuah konter produk kosmetika.

Video yang dikabarkan direkam pada 15 Agustus lalu langsung menjadi viral di media sosial China dan Korea Selatan.

Dalam video yang diambil seorang pengunjung toko itu memperlihatkan dua perempuan itu saling memukul, menendang, hingga bergulingan di lantai saling menjambak.

Baca juga: Turis China Lempari Panda dengan Batu supaya Bergerak

Seorang pria yang nampaknya adalah teman salah seorang perempuan itu mencoba menginjak kepala salah satu perempuan itu sebelum dia ditarik oleh para pengunjung toko.

Para netizen yang menyaksikan video itu memberi julukan kepada dua orang yang berkelahi itu sebagai "perempuan berbaju hitam" dan "perempuan berbaju putih".

Para netizen juga mencaci maki pria yang mencoba menginjak kepala salah satu perempuan itu.

"Pria itu tidak berusaha menghentikan perkelahian, dia malah terlibat di dalamnya. Sebaiknya mereka jangan diizinkan pulang," ujar seorang pengguna media sosial Weibo.

Para netizen meminta Kedubes China di Seoul turun tangan untuk mengingatkan warga negeri itu agar mematuhi hukum di negara yang mereka kunjungi.

Netizen juga meminta kedubes memberitahu keduanya agar bersedia mengantre dan bersikap rasional jika toko kehabisan barang yang mereka inginkan.

Sejumlah netizen menduga kedua perempuan itu adalah para agen pembelian atau di China dikenal dengan nama daigou.

Mereka agaknya berebut produk kosmetika untuk pelanggannya, sayang jumlah barang yang diinginkan di toko tersebut tidak cukup untuk keduanya.

Korea Selatan merupakan salah satu tujuan para daigou khususnya yang mencari produk kosmetik dan lainnya karena harga di Korea jauh lebih murah.

Baca juga: Beri Hormat Ala Hitler di Muka Reichstag-Berlin, 2 Turis China Dibekuk

Profesi menjadi daigou ini nampaknya sudah mendarah daging di dalam budaya belanja China sebagai hasil dari tingginya pajak atas barang mewah di negeri itu.

Pajak semacam ini sebenarnya sudah diturunkan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tetap saja para daigou ini mengirimkan barang-barang mewah ke China yang tentu saja amat menguntungkan perekonomian Korea Selatan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com