Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Turis China Tertipu Penjual Tiket Palsu Piala Dunia 2018

Kompas.com - 18/06/2018, 16:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

MOSKWA, KOMPAS.com - Ribuan penggemar sepak bola asal China yang berangkat ke Rusia demi bisa menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung terpaksa kecewa. Mereka dilarang masuk stadion setelah kedapatan memegang tiket palsu.

Melansir dari SCMP, dari total10.000 lebih lembar tiket palsu Piala Dunia 2018 yang dilaporkan, sekitar 3.500 lembar di antaranya terjual kepada penggemar sepak bola asal China.

Diberitakan media online China, Thecover.cn, merujuk pemberitahuan Kedutaan Besar Rusia di media sosial, pemerintahannya tengah menyelidiki sebuah perusahaan yang diduga menjual lebih dari 3.500 tiket palsu pertandingan Piala Dunia 2018 ke turis dan agen perjalanan di China.

Pengumuman kedutaan itu menyebut Anzhi Company yang berbasis di Rusia mengklaim telah mengantongi izin tertulis untuk menjual tiket dari panitia penyelenggara Piala Dunia Rusia 2018.

Namun diketahui kemudian, surat persetujuan tersebut ternyata palsu.

Baca juga: Piala Dunia 2018, Pendukung Meksiko Nikmati Cuaca Panas di Moskwa

Kasus ini menjadi viral di situs media China di luar negeri, meski hanya diberitakan terbatas di dalam negeri.

Pemberitahuan itu sendiri sudah dihapus dari akun media sosial pihak kedutaan.

Yang Jun, perencana perjalanan yang bekerja sama dengan perusahaan travel di provinsi Sichuan, mengatakan kepada Thecover.cn bahwa lebih dari 1.000 lembar tiket palsu sudah terjual di kota Chengdu, Sichuan.

Jun mengatakan, penipuan tiket tersebut berawal dari seseorang yang mengaku mantan pemain klub liga primer Rusia, FC Anzhi Makhachkala dan memimpin sebuah perusahaan Rusia yang mendekati agen perjalanan China.

Selain di kota Chengdu, penipuan tiket palsu itu juga dilaporkan terjadi di kota Chongqing.

Diberitakan surat kabar Chongqing Morning Post, lebih dari 90 warga kota tersebut memesan tiket pertandingan palsu dari sebuah situs online Rusia.

Pada Sabtu (16/6/2018) lalu, sekitar 30 turis asal Chongqing, China dilaporkan ditolak saat akan menyaksikan laga antara Argentina melawan Eslandia.

Otoritas pariwisata Chongqing telah menggelar penyelidikan untuk mengusut kasus ini dan menemukan lebih dari 90 warganya telah memesan paket tur dan tiket pertandingan Piala Dunia di situs yang sama.

"Kami meminta kepada semua agen perjalanan untuk menyampaikan informasi yang sebenar-benarnya kepada pelanggan."

"Bagi mereka yang sudah berada di Rusia, agen perjalanan harus mengupayakan tiket pertandingan yang baru atau membuat penyesuaian untuk rencana perjalanan mereka," kata seorang pejabat pariwisata Chongqing.

Baca juga: Mordovia Arena, Stadion Piala Dunia 2018 dengan Rasa Lokal

Sebanyak 40.000 tiket pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia telah dibeli oleh penggemar sepak bola asal China, meskipun negara tim nasional mereka itu tidak lolos ke ajang empat tahunan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com