Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Donald Trump Berulang Tahun ke-72

Kompas.com - 14/06/2018, 14:29 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berulang tahun pada Kamis (14/6/2018). Kini, usianya sudah menginjak 72 tahun.

Trump kembali ke Washington DC, setelah menempuh perjalanan yang melelahkan ke Singapura untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Pada 2016, Trump menjadi orang tertua yang menjadi presiden AS. Saat itu, umurnya 70 tahun, meskipun Ronald Reagan terpilih kembali menjadi presiden AS pada 1984 ketika berusia 73 tahun.

Baca juga: Trump Dapat Kejutan Kue Ulang Tahun Lebih Awal di Istana Singapura

Kesehatan Trump, baik fisik dan mental, telah menjadi perhatian utama di AS.

Dia menjalani pemeriksaan fisik pada Januari lalu. Dokter Gedung Putih Ronny Jackson menyatakan, kesehatan Trump sangat baik.

Ketika Trump masih menjadi calon presiden, dokter pribadinya, Harold Bornstein, merilis keterangan kesehatan Trump pada Desember 2015.

Dia menyebut, tekanan darah Trump dan hasil laboratoriumnya menunjukkan hasil yang luar biasa, begitu pula dengan kekuatan fisik dan stamina Trump.

"Dia akan menjadi individu paling sehat yang pernah terpilih menjadi presiden," tulis Bornstein.

Namun, pada bulan lalu, Bornstein mengatakan kepada CNN bahwa Trump yang menyuruhnya menulis hasil kesehatan sedemikian rupa.

Pada Senin (11/6/2018), Trump mendapat kejutan kue ulang tahun ketika makan siang bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengunggah foto kejutan ulang tahun untuk Trump di akun Twitter-nya.

"Merayakan ulang tahun, sedikit lebih awal," kicaunya.

Baca juga: Trump: Sejak Saya Menjabat, Dunia Jadi Lebih Aman

Dibalik kicauan, ucapan, dan kebijakannya yang kontroversial, Trump berhasil menggelar pertemuan bersejarah dengan Kim Jong Un.

Kini, sejumlah langkah sedang dilakukan untuk segera mengeksekuti pelucutan senjata nuklir dan lainnya milik Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com