Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes AS Mundur setelah Trump Berang dengan Skandal Pesawat Jet Carteran

Kompas.com - 30/09/2017, 09:54 WIB
Ericssen

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Amerika Serikat Tom Price dipaksa mengundurkan diri dari jabatannya setelah skandal penggunaan pesawat jet carteran pribadinya bergulir tak terkontrol.

Politico melaporkan Price menyerahkan surat pengunduran dirinya Jumat sore (30/9/2017) waktu setempat. Sempat yakin masih mendapat kepercayaan untuk melanjutkan tugasnya, Price akhirnya terpaksa angkat kaki setelah Presiden Donald Trump menginginkan dia meninggalkan posisinya.

Trump dibuat berang dengan berita bahwa menteri berusia 62 itu asyik menggunakan pesawat jet carteran pribadi setidaknya 24 kali sejak bulan Mei lalu.

Price memilih menggunakan pesawat jet carteran dibandingkan dengan pesawat komersial, walau kota-kota yang dikunjunginya dapat ditempuh dengan pesawat komersial berbiaya rendah.

Pejabat AS, kecuali yang berkaitan dengan urusan keamanan nasional, diwajibkan menggunakan pesawat komersial untuk kunjungan kerja.

Publik AS semakin berang setelah Price membebankan biaya carteran sebesar lebih dari 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4 miliar ke kas negara. Tidak ketinggalan, dia juga ketahuan mencampuradukkan urusan pribadi di sela-sela kunjungan kerjanya.

Di salah satu kunjungannya Price diberitakan menghabiskan waktu makan siang bersama dengan putranya serta mengunjung Pulau St Simons, sebuah resor peristirahatan.

Dalam surat pengunduran dirinya Price menyatakan penyesalan atas perilakunya yang telah menganggu jalannya pemerintahan.

Hubungan Price dengan Trump sesungguhnya sudah memburuk sejak kegagalan pencabutan Undang-Undang Kesehatan AS (Obamacare) oleh Senat.

Trump diberitakan tidak senang dengan Price yang kerap wara-wiri menghilang tidak jelas keberadaannya. Padahal pejabat-pejabat lain sibuk melancarkan lobi di Kongres.

Kegagalan pencabutan Obamacare yang merupakan janji terbesar Trump telah mempermalukannya. Skandal penggunaan pesawat jet carteran ini akhirnya menjadi kulminasi kemarahan Trump terhadap sosok dokter yang juga jarang menghadiri rapat di Gedung Putih.

Trump yang berkampanye akan membersihkan Washington, sangat tidak menyukai pengeluaran Price yang berlebihan dan tidak sesuai dengan visi pemerintahannya.

Mantan anggota DPR dari Georgia ini menjadi anggota kabinet pertama Trump yang mengundurkan diri.

Sejumlah nama seperti Gubernur Florida Rick Scott, Mantan Gubernur Louisiana Bobby Jindal, Menteri Urusan Veteran David Shulkin, Menteri Perumahan dan Pengembangan Kawasan Urban Ben Carson serta Pelaksana Tugas Menteri Kesehatan Don Wright disebut-sebut sebagai calon pengganti Price.

Tidak ketinggalan dua sosok perempuan yaitu anggota DPR dari Tennessee Marsha Blackburn dan Administrator untuk Pelayanan Asuransi Kesehatan AS Seema Verma juga meramaikan bursa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com