Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Serangan Militer ke Korut Akan "Sangat Menghancurkan"

Kompas.com - 27/09/2017, 10:53 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump, Selasa (26/9/2017), mengeluarkan peringatan kepada Pyongyang dengan mengatakan bahwa AS siap menggunakan serangan militer yang "sangat menghancurkan" jika itu memang diperlukan.

Menurut CNN, Rabu (27/9/2017), peringatan Trump itu disampaikan setelah dua pejabat pertahanan mengatakan bahwa Pyongyang telah memindahkan sejumlah kecil jet tempurnya ke pantai timur Korut.

Di antaranya, jet tempur, tangki bahan bakar, dan rudal udara-ke-udara, telah dipindahkan ke sebuah pangkalan militer di pantai timur Korut untuk meningkatkan kesiapan militernya.

Pemindahan perangkat tempur Korut itu terekam citra satelit AS dan dipandang oleh AS sebagai usaha Korut untuk meningkatkan kesiapan militernya di sektor timur.

Langkah Korut itu untuk memungkinkan pesawat-pesawatnya mampu terbang lebih jauh lagi ke arah timur - yang diperkirakan bisa mencapai pangkalan AS di Guam atau lebih jauh lagi.

Baca: Korut Klaim Presiden Trump Sudah “Umumkan Pernyataan Perang”

Citra satelit AS sejauh ini telah memastikan bahwa jet tempur Mig-29 milik Korut sudah dalam posisi siaga di pangkalan di wilayah timur negara komunis itu.

Beberapa rudal dan tangki bahan bakar juga sudah berada di dekat jet Mig-29 itu, tapi hingga saat ini, tidak ada satu pun jet yang membawa tangki bahan bakar eksternal dan rudal itu.

Pada Senin (25/9/2017), Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho mengklaim Presiden AS Donald Trump telah "mengumumkan perang" di negaranya.

Ri juga mengatakan, Korut akan menembak jatuh pesawat AS yang terbang di garis pantai negara itu meskipun mungkin jet itu berada di wilayah udara internasional.

Sebelumnya AS menerbangkan pesawat pengebom B-1B dari Guam ke wilayah udara internasional di timur Korut pada Sabtu (23/9/2017), menurut pejabat pertahanan AS, untuk menanggapi "perilaku ceroboh" yang dilakukan Pyongyang

Baca: AS Bantah Umumkan Perang, Pernyataan Korut Dinilai Tak Masuk Akal

Trump pada Selasa (26/9/2017) mengatakan, serangan militer “bukan pilihan yang diinginkan”, namun AS “benar-benar siap” untuk mengambil langkah itu jika diperlukan, demikian The Guardian.

“Jika kita mengambil opsi tersebut, akan sangat menghancurkan, saya bisa pastikan itu. Sangat menghancurkan,” kata Trump dalam konferensi pers di Rose Garden, Washington DC.

Trump berjanji untuk “memperaiki kekacauan” atas program nuklir Korut. Ia juga mengatakan, serangan militer bukan “opsi yang diinginkan”, tetapi AS siap melakukan jika dibutuhkan.

“Jika kita mengambil opsi itu, akan sangat menghancurkan”. Namun, “Jika kita ingin mengambil langkah itu, kita akan lakukan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com