Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Telah Berlalu, Sudah Efektifkah Gencatan Senjata di Suriah?

Kompas.com - 13/09/2016, 21:50 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Gencatan senjata yang disepakati Amerika Serikat dan Rusia hingga Selasa (13/9/2016), berjalan cukup baik di Suriah, walaupun tidak semua partai setuju.

Upaya untuk mengakhiri permusuhan itu telah dimulai sejak hari pertama liburan Idul Adha, Senin (12/9/2016), kecuali di daerah yang dikuasi oleh kelompok radikal, seperti ISIS dan Al Qaeda.

Gencatan senjata yang ditetapkan untuk seluruh wilayah Suriah mulai berlaku sejak Senin pukul 19.00 waktu setempat setelah AS dan Rusia mengumumkan kesepakatannya di Geneva, Swiss.

Gencatan senjata itu untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan bagi warga sipil. Juga diharapkan akan menjadi awal yang baik bagi upaya perdamaian abadi setelah Suriah dilanda perang lima tahun.

Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) yang memantau konflik Suriah lewat jaringan lokal menyatakan, "situasi tenang relatif bisa dipertahankan."

Direktu SOHR, Rami Abdul Rahman mengatakan, baik pemerintah maupun oposisi moderat terus terlibat pertempuran sengit di barat laut Suriah.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga mengatakan pertempuran tampaknya berhasil dikurangi, tapi ia juga memperingatkan untuk tidak terlalu optimis.

Kerry mengatakan kepada wartawan, laporan awal menunjukkan, kekerasan berkurang, walaupun masih ada laporan pertempuran dari beberapa area.

Menurut Kerry, masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan apapun.

AFP Serangan udara di sebuah pasar di Provinsi Idlib, Suriah, Sabtu (10/9/2016), telah menewaskan hingga 60 orang, sementara sedikitnya 45 orang tewas akibat serangan udara terjadi di Provinsi Aleppo. Serangan itu terjadi sehari setelah kesepakatan untuk mengakhiri permusuhan.
Gencatan senjata ini adalah upaya kedua yang digagas Washington dan Moskwa tahun ini di Suriah. Perang di negara itu sudah berjalan lima tahun. Aktor utamanya adalah Presiden Bashar al Assad yang melawan sejumlah kelompok oposisi dan ekstrimis Islam.

Rusia sudah lama mejadi sekutu Assad yang diguncangg berbagai kekuatan luar untuk menumbangkannya.

Moskwa mulai mendukung Assad dengan serangkaian serangan udara, 30 September 2015.

Di pihak lain, AS mendukung beberapa kelompok oposisi yang dinilai moderat, untuk menjatuhkan Assad dari jabatannya melalu serangan udara pertama kali pada September 2014.

Akibat konflik selama lebih dari lima tahun, lebih dari 11 juta warga sipil melarikan diri atau terjebak di antara berbagai kekuatan yang berperang berebut kekuasaan.

Gencatan senjata terutama bertujuan untuk memungkinkan pemberian bantuan bagi warga sipil, terutama di kota Aleppo yang jadi basis kelompok pemberontak yang dikepung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com