Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Anggota ISIS Gantung Diri di Penjara Turki

Kompas.com - 20/04/2016, 21:21 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Seorang warga Suriah yang ditahan karena diduga sebagai anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Rabu (20/4/2016), ditemukan tewas bunuh diri di sebuah penjara Turki.

Nedim Bellus (35), ditahan kepolisian Turki pekan lalu dan diamankan di Iskendurun, sebuah kota di provinsi Hatay yang tak jauh dari perbatasan dengan Turki. Demikian kantor berita Dogan mengabarkan.

Sipir penjara menemukan jasad Nedim dalam kondisi tergantung di atas ranjangnya dan investigasi terkait kematian pria ini masih berlangsung.

Selama ini Turki ditekan untuk berbuat lebih banyak dalam menghentikan arus para calon anggota ISIS yang masuk ke Suriah dan mencegah mereka untuk menggunakan wilayahnya sebagai pijakan mereka untuk kembali ke Eropa.

Pemerintah Turki mengatakan, telah memperketat penjagaan di perbatasan dan mendesak Barat agar membantu mencegah para anggota ISIS meninggalkan Turki dan meminta proses berbagi informasi intelijen lebih luas lagi.

Turki yang juga anggota koalisi pimpinan AS yang menggempur ISIS juga kerap menjadi sasaran serangan anggota kelompok militan itu termasuk dua ledakan bom yang menyasar para wisatawan.

Dalam beberapa pekan terakhir, ISIS berulang kali menembakkan roket ke kota Kilis di dekat perbatasan Suriah yang memicu militer Turki membalas dengna tembakan artileri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com