Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Antar-Kelompok Militan di Pakistan, 13 Tewas

Kompas.com - 03/10/2013, 14:11 WIB
PESHAWAR, KOMPAS.com — Setidaknya 13 anggota kelompok militan tewas di barat laut Pakistan, Kamis (3/10/2013), saat kelompok Taliban meluncurkan serangan dan aksi bom bunuh diri terhadap kelompok rival.

Seorang pejabat senior setempat mengatakan, bentrokan terjadi ketika para pejuang Tehreek-e-Taliban (TTP) menyerang kediaman komandan militan Maulvi Nabi Hanafi di wilayah Orakzai, Pakistan.

"Setidaknya 10 anggota kelompok militan dari pihak Hanafi tewas, demikian juga dua penyerang dan seorang pelaku bom bunuh diri. Sekitar 20 orang lain, termasuk dua perempuan, terluka," kata pejabat yang tak mau disebutkan namanya itu.

Serangan diawali sebuah aksi bom mobil bunuh diri di luar kediaman Hanafi. Selanjutnya sekelompok pejuang TTP melakukan serangan menggunakan senapan mesin.

Hanafi, yang memimpin sebuah milisi anti-Taliban, terluka dalam serangan itu namun bisa diselamatkan.

TTP mengakui serangan tersebut lewat juru bicaranya, Shahidullah Shahid.

"Hanafi berperang melawan TTP dan siapa pun yang menentang kami akan menghadapi nasib yang sama," kata Shahidullah dari tempat yang tersembunyi.

Orakzai adalah satu dari tujuan daerah semi-otonomi di sepanjang perbatasan dengan Afganistan dan merupakan kampung halaman ketua Taliban Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com