Kompas.com - 18/02/2019, 19:05 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte terlihat tengah berada di sebuah toko pakaian di Hong Kong, Sabtu (16/2/2019). Itu adalah kali kedua sang presiden terlihat berada di kota itu dalam lima bulan terakhir.

Apa yang dilakukan Duterte di Hong Kong? Menurut pernyataan kantor kepresidenan Filipina, Duterte berada di Hong Kong dalam rangka perjalanan pribadi.

Perjalanan itu dilakukan Duterte bersama pasangannya Honeylet Avancena dan putri mereka, Veronica. Di Hong Kong, mereka sekaligus merayakan ulang tahun ke-49 Avancena, yang jatuh pada 17 Februari lalu.

Dalam sebuah foto terlihat saat Duterte berjalan di sebuah toko pakaian terkenal dengan didampingi pengawalnya. Tampak pengunjung yang terpana melihat sosok pemimpin Filipina itu.

Baca juga: Duterte dan Kim Jong Un Bikin Kehebohan di Gereja Hong Kong

Foto itu diambil oleh anggota dewan distrik Selatan Hong Kong, Henry Chai Man-hon.

Di foto lainnya, yang dirilis mantan asisten khusus kepresidenan, Christopher "Bong" Go, tampak momen saat perayaan ulang tahun Avancena.

Di satu foto terlihat Avancena yang sedang meniup lilin dengan disaksikan Duterte. Sedangkan di foto lainnya memperlihatkan Duterte bersama putrinya, Veronica, atau yang akrab disapa Kitty, dan Avancena, berfoto bersama.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (kanan) saat berfoto bersama pasangannya, Avancena (kiri), dan putrinya, Veronica Kitty Duterte.SCMP / TWITTER / CHRISTOPHER GO Presiden Filipina Rodrigo Duterte (kanan) saat berfoto bersama pasangannya, Avancena (kiri), dan putrinya, Veronica Kitty Duterte.
"Sebenarnya perjalanan itu adalah permintaan putri Duterte, Kitty, sebagai hadiah, karena itu adalah hal yang rutin mereka lakukan di masa lalu sebagai keluarga."

"Mereka biasa melakukannya bahkan ketika presiden masih menjadi wali kota di Davao City. Liburan akhir pekan menjadi waktu untuk beristirahat dan rekreasi," kata Go.

Karena kunjungan tersebut adalah perjalanan pribadi, tidak tampak adanya penyambutan maupun pengawalan yang berlebih terhadap Duterte.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.