Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2019, 19:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

HONG KONG, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte terlihat tengah berada di sebuah toko pakaian di Hong Kong, Sabtu (16/2/2019). Itu adalah kali kedua sang presiden terlihat berada di kota itu dalam lima bulan terakhir.

Apa yang dilakukan Duterte di Hong Kong? Menurut pernyataan kantor kepresidenan Filipina, Duterte berada di Hong Kong dalam rangka perjalanan pribadi.

Perjalanan itu dilakukan Duterte bersama pasangannya Honeylet Avancena dan putri mereka, Veronica. Di Hong Kong, mereka sekaligus merayakan ulang tahun ke-49 Avancena, yang jatuh pada 17 Februari lalu.

Dalam sebuah foto terlihat saat Duterte berjalan di sebuah toko pakaian terkenal dengan didampingi pengawalnya. Tampak pengunjung yang terpana melihat sosok pemimpin Filipina itu.

Baca juga: Duterte dan Kim Jong Un Bikin Kehebohan di Gereja Hong Kong

Foto itu diambil oleh anggota dewan distrik Selatan Hong Kong, Henry Chai Man-hon.

Di foto lainnya, yang dirilis mantan asisten khusus kepresidenan, Christopher "Bong" Go, tampak momen saat perayaan ulang tahun Avancena.

Di satu foto terlihat Avancena yang sedang meniup lilin dengan disaksikan Duterte. Sedangkan di foto lainnya memperlihatkan Duterte bersama putrinya, Veronica, atau yang akrab disapa Kitty, dan Avancena, berfoto bersama.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (kanan) saat berfoto bersama pasangannya, Avancena (kiri), dan putrinya, Veronica Kitty Duterte.SCMP / TWITTER / CHRISTOPHER GO Presiden Filipina Rodrigo Duterte (kanan) saat berfoto bersama pasangannya, Avancena (kiri), dan putrinya, Veronica Kitty Duterte.
"Sebenarnya perjalanan itu adalah permintaan putri Duterte, Kitty, sebagai hadiah, karena itu adalah hal yang rutin mereka lakukan di masa lalu sebagai keluarga."

"Mereka biasa melakukannya bahkan ketika presiden masih menjadi wali kota di Davao City. Liburan akhir pekan menjadi waktu untuk beristirahat dan rekreasi," kata Go.

Karena kunjungan tersebut adalah perjalanan pribadi, tidak tampak adanya penyambutan maupun pengawalan yang berlebih terhadap Duterte.

Tapi Duterte dikabarkan juga sempat bertemu beberapa warga Filipina yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di Hong Kong, saat berada di pusat perbelanjaan.

"Di hari Sabtu, ada sejumlah pekerja rumah tangga asal Filipina yang ada di sekitar," kata anggota dewan Distrik Selatan Hong Kong, Henry Chai Man-hon.

Kantor berita pemerintah Filipina melaporkan, keluarga Duterte tiba di Hong Kong pada Jumat (16/2/2019) dan sudah kembali pada Minggu (17/2/2019).

Baca juga: Presiden Duterte Ingin Ubah Nama Filipina Jadi Maharlika

Dilansir SCMP, kunjungan itu menjadi kali kedua yang dilakukan Duterte di Hong Kong dalam rentang waktu kurang dari lima bulan terakhir.

Oktober lalu, Duterte juga terlihat sedang bersama Kitty dan Avancena di Causeway Bay untuk berbelanja dan makan malam.

Kunjungan presiden berusia 73 tahun akhir pekan kemarin juga terjadi tak lama setelah empat warga Hong Kong dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena tuduhan narkoba di Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com