Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Duterte" dan "Kim Jong Un" Bikin Kehebohan di Gereja Hong Kong

Kompas.com - 03/02/2019, 18:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HONG KONG, KOMPAS.com - Suasana khidmat saat misa Minggu di sebuah gereja di Hong Kong mendadak riuh setelah kedatangan dua sosok yang "mirip" dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Sosok mirip Duterte yang mengenakan baju kemeja putih yang khas ditemani sosok mirip Kim Jong Un tiba-tiba datang dan mengikuti misa di Gereja St Joseph, pada Minggu (3/2/2019).

Jemaah gereja yang banyak di antaranya merupakan warga Filipina yang bekerja di Hong Kong itu langsung mengerumini pria yang mengaku bernama Cresencio Extreme itu.

Sementara seorang peniru Kim Jong Un, bernama Howard X, yang merupakan warga Hong Kong, tampak mengenakan kemeja hitam, berdiri di sampingnya.

Baca juga: Ribuan Umat Katolik Filipina Gelar Unjuk Rasa Menentang Duterte

Banyak dari jemaah yang berebut ingin berfoto atau berjabat tangan dengan Cresencio.

"Apakah itu Duterte?" bisik seorang wanita yang tampak tidak percaya dengan pria yang mengaku sebagai pemimpin Filipina itu.

Banyak yang kemudian menyadari bahwa sosok dua pria tersebut bukanlah dua pemimpin negara yang sebenarnya. Namun mereka tampak tidak keberatan dengan aksi keduanya.

Meski demikian ada sejumlah orang yang menyindir bahwa aksi kedua peniru tersebut tidak sopan.

"Mereka datang ke sini untuk membuat keributan. Duterte kami tidak seperti itu," kata seorang jemaah asal Filipina, yang mengaku bernama Linda.

Presiden Duterte belakangan sedang banyak dikritik terutama lantaran komentarnya yang dianggap menyerang gereja.

Pihak gereja di Filipina juga menjadi salah satu yang secara terus terang menyampaikan kritikan terhadap Duterte, berkenaan dengan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi selama kampanye anti-narkotika yang mematikan.

Hong Kong telah menjadi tempat bagi sekitar 200.000 warga Filipina, sebagian besar wanita, yang bekerja, kebanyakan sebagai pembantu rumah tangga.

Baca juga: Duterte Mengaku Pernah Lecehkan Pembantunya saat Masih SMA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com