Kompas.com - 03/02/2019, 18:28 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Suasana khidmat saat misa Minggu di sebuah gereja di Hong Kong mendadak riuh setelah kedatangan dua sosok yang "mirip" dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Sosok mirip Duterte yang mengenakan baju kemeja putih yang khas ditemani sosok mirip Kim Jong Un tiba-tiba datang dan mengikuti misa di Gereja St Joseph, pada Minggu (3/2/2019).

Jemaah gereja yang banyak di antaranya merupakan warga Filipina yang bekerja di Hong Kong itu langsung mengerumini pria yang mengaku bernama Cresencio Extreme itu.

Sementara seorang peniru Kim Jong Un, bernama Howard X, yang merupakan warga Hong Kong, tampak mengenakan kemeja hitam, berdiri di sampingnya.

Baca juga: Ribuan Umat Katolik Filipina Gelar Unjuk Rasa Menentang Duterte

Banyak dari jemaah yang berebut ingin berfoto atau berjabat tangan dengan Cresencio.

"Apakah itu Duterte?" bisik seorang wanita yang tampak tidak percaya dengan pria yang mengaku sebagai pemimpin Filipina itu.

Banyak yang kemudian menyadari bahwa sosok dua pria tersebut bukanlah dua pemimpin negara yang sebenarnya. Namun mereka tampak tidak keberatan dengan aksi keduanya.

Meski demikian ada sejumlah orang yang menyindir bahwa aksi kedua peniru tersebut tidak sopan.

"Mereka datang ke sini untuk membuat keributan. Duterte kami tidak seperti itu," kata seorang jemaah asal Filipina, yang mengaku bernama Linda.

Presiden Duterte belakangan sedang banyak dikritik terutama lantaran komentarnya yang dianggap menyerang gereja.

Pihak gereja di Filipina juga menjadi salah satu yang secara terus terang menyampaikan kritikan terhadap Duterte, berkenaan dengan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi selama kampanye anti-narkotika yang mematikan.

Hong Kong telah menjadi tempat bagi sekitar 200.000 warga Filipina, sebagian besar wanita, yang bekerja, kebanyakan sebagai pembantu rumah tangga.

Baca juga: Duterte Mengaku Pernah Lecehkan Pembantunya saat Masih SMA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.