Kompas.com - 29/01/2019, 21:15 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan insiden ledakan yang terjadi Gereja Katolik Minggu (27/1/2019) merupakan bom bunuh diri.

Dalam konferensi pers di Manila, Duterte menuturkan pelaku yang beraksi di Katedral Our Lady of Mt Carmel di Jolo merupakan pasangan suami istri.

Dilansir Rappler Selasa 929/1/2019), presiden berjuluk The Punisher itu menuturkan dia mendapat informasi tersebut dari badan intelijen.

Baca juga: Tim Investigasi Sebut Pelaku Peledakan Katedral di Filipina Bukan ISIS

"Entah dia sedang melintas kemudian meledakkan diri. Masalahnya adalah yang perempuan dilaporkan mengenakan salib di dada," terang Duterte.

Sementara sumber intelijen mengungkapkan, ada pasangan asing yang terlihat di kamp pelatihan Abu Sayyaf empat hari sebelum ledakan terjadi.

Mantan Wali Kota Davao itu kemudian membeberkan kronologi demikian: pelaku perempuan masuk ke gereja ketika misa dilangsungkan pukul 08.00 waktu setempat.

Karena dia adalah perempuan, bagian keamanan tidak menaruh curiga sedikit pun. Dia kemudian meledakkan diri di tengah misa.

Sementara suaminya berada di luar gereja. Karena itu, aparat tidak melakukan penggeledahan, dan membuatnya leluasa menjalankan aksinya.

Al Jazeera melaporkan, pernyataan Duterte itu berbeda dengan laporan militer bahwa pelaku menaruh tas berisi bom sebelum melarikan diri.

Duterte menjelaskan bisa jadi si pelaku meledakkan bom dari jauh. "Namun saksi mata berkata sebaliknya. Mungkin mereka punya sistem penopang," paparnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.