Kompas.com - 24/01/2019, 14:37 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan untuk menunda pidato kenegaraan (State of the Union) yang sedianya digelar pekan depan.

Pengumuman itu terjadi di tengah masa penutupan layanan pemerintahan (shutdown) yang sudah berlangsung selama 34 hari.

Dilansir BBC Kamis (24/1/2019), Trump menyatakan dia sedianya bakal melangsungkan State of the Union pada 29 Januari nanti.

Baca juga: Shutdown AS Berjalan Satu Bulan, FBI Keluhkan Tak Mampu Bayar Informan

Kemudian Ketua House of Representatives Nancy Pelosi meminta Trump menunda pidato karena shutdown yang berlangsung sejak 22 Desember 2018.

"Itu adalah hak prerogatifnya. Karena itu, saya bakal memberikan pidato kenegaraan (SOTU) saya setelah shutdown berakhir," ujar Trump di Twitter.

Presiden 72 tahun itu menyatakan tidak akan berusaha mencari tempat lain untuk menggelar SOTU selain di House Chamber Capitol Hill.

"Tidak ada tempat yang mempunyai tradisi, sejarah, dan sangat penting seperti House Chamber. Saya menantikan memberi pidato yang hebat di masa depan," lanjutnya.

Pelosi langsung membalas twit Trump itu dengan kicauan berisi ajakan kepada sang presiden untuk menyetujui paket kebijakan yang diloloskan House.

"Tolong, terima proposal ini sehingga kita bisa mengakhiri shutdown, membayar gaji para pegawai negeri kita, dan merundingkan perbedaan kita," pintanya.

Sebelumnya, Pelosi meminta Trump menunda pidato kenegaraan dengan alasan karena faktor shutdown, dia tidak bisa menjamin keamanannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.