Salin Artikel

Trump Sepakat Tunda Pidato Kenegaraan hingga "Shutdown" Berakhir

Pengumuman itu terjadi di tengah masa penutupan layanan pemerintahan (shutdown) yang sudah berlangsung selama 34 hari.

Dilansir BBC Kamis (24/1/2019), Trump menyatakan dia sedianya bakal melangsungkan State of the Union pada 29 Januari nanti.

Kemudian Ketua House of Representatives Nancy Pelosi meminta Trump menunda pidato karena shutdown yang berlangsung sejak 22 Desember 2018.

"Itu adalah hak prerogatifnya. Karena itu, saya bakal memberikan pidato kenegaraan (SOTU) saya setelah shutdown berakhir," ujar Trump di Twitter.

"Tidak ada tempat yang mempunyai tradisi, sejarah, dan sangat penting seperti House Chamber. Saya menantikan memberi pidato yang hebat di masa depan," lanjutnya.

Pelosi langsung membalas twit Trump itu dengan kicauan berisi ajakan kepada sang presiden untuk menyetujui paket kebijakan yang diloloskan House.

"Tolong, terima proposal ini sehingga kita bisa mengakhiri shutdown, membayar gaji para pegawai negeri kita, dan merundingkan perbedaan kita," pintanya.

Namun Trump sempat menolak dan menyatakan dia bakal tetap menggelar SOTU, dan mengejek Pelosi terlalu takut untuk mengungkapkan kebenaran.

"Dia tidak ingin publik Amerika mengetahui apa yang tengah terjadi," ulas presiden ke-45 dalam sejarah Negeri "Uncle Sam" tersebut.

AS mengalami shutdown setelah Trump dan Pelosi berseteru tentang proposal pembangunan tembok perbatasan di Meksiko untuk menangkal migran ilegal.

Trump meminta dana sebesar 5,7 miliar dollar AS, sekitar Rp 80,7 triliun, untuk membangun tembok yang mendapat penolakan dari Pelosi.

Akibat shutdown tersebut, sekitar 800.000 pegawai negeri AS terpaksa dirumahkan maupun bekerja tanpa menerima gaji.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/24/14370961/trump-sepakat-tunda-pidato-kenegaraan-hingga-shutdown-berakhir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke