Kompas.com - 15/12/2018, 20:58 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Massa "gilets jaunes" atau rompi kuning kembali menggelar unjuk rasa di Paris, Perancis, Sabtu (15/12/2018).

Dengan begitu, demonstrasi ini sudah dilakukan selama lima pekan berturut-turut.

Diwartakan CNN, sekitar 69.000 polisi dikerahkan di seluruh negeri untuk mengantisipasi aksi protes, dengan 8.000 personel ditempatkan di Paris.

Baca juga: Unjuk Rasa Rompi Kuning di Perancis Sebabkan Euro Anjlok

Ribuan massa dengan menggunakan rompi kuning terlihat memenuhi jalan-jalan di Paris pada Sabtu pagi waktu setempat. Namun, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan demonstrasi sebelumnya.

Unjuk rasa terus digelar meski Presiden Perancis Emmanuel Macron telah mengumumkan kebijakan untuk meredakan krisis rompi kuning pada Senin lalu.

Dia berharap paket pajak dan upah minimum untuk pekerja berpenghasilan rendah akan membawa ketenangan di negara tersebut, yang baru saja digegerkan aksi penembakan di Pasar Natal Strasbourg.

Pada aksi unjuk rasa kali ini, tidak ada kekerasan serius yang terjadi. Tapi polisi menangkap sekitar 60 orang di Paris hingga pukul 11.00 waktu setempat.

Jumlah penangkapan tersebut menurun dibanding akhir pekan lalu, yang mana polisi menangkap 500 orang.

"Saya datang untuk berdemonstrasi dengan damai. Begitu ada kekerasan, saya akan pergi," kata ayah dua anak berusia 43 tahun, Monaem Zarhouni kepada AFP.

"Istri saya juga menganggur dan kami hidup dengan 700 euro (Rp 11,5 juta) sebulan. Ini sulit," katanya.

Halaman:
Sumber CNN,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.