Kompas.com - 11/12/2018, 13:31 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Senator AS, Lindsey Graham menyebut Arab Saudi akan dapat dengan mudah dikuasai oleh Iran jika bukan atas bantuan militer Amerika.

Menurut anggota senat wakil dari negara bagian South Carolina itu, militer Saudi sangat lemad dan Riyadh sepenuhnya bergantung pada dukungan militer AS untuk menjaga pertahanannya.

"Saya tidak akan basa-basi dengan Anda. Jika bukan karena Amerika Serikat, mereka (Arab Saudi) sudah akan berbicara dengan bahasa Farsi," kata Graham kepada Fox News, yang mengacu pada bahasa nasional Iran.

"Kami melindungi Arab Saudi. Anda bisa menyebut mereka kaya? Dan saya suka dengan Raja Salman. Tapi saya akan katakan bahwa kami melindunginya dan raja tidak akan bertahan dua pekan tanpa kami. Dia harus membayar untuk militernya," tambah Graham.

Baca juga: Senator AS Berikan Ancaman jika Jurnalis Saudi Benar-benar Dibunuh

Politisi dari Partai Republik itu juga mengkritik Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman sejak mencuatnya kasus pembunuhan Jamal Khashoggi yang menyangkut nama putra mahkota.

Graham telah mendesak agar AS memberikan tekanan ekonomi pada Arab Saudi atas kasus pembunuhan itu dan mengurangi dukungannya terhadap MBS, julukan putra mahkota Saudi.

Dia juga membahas penjelasan yang disampaikan intelijen AS atas kasus pembunuhan yang terjadi di konsulat Saudi di Istanbul pada awal Oktober itu. Intelijen menjelaskan adanya kaitan antara MBS dengan tim tersangka pembunuh Khashoggi.

"Itu adalah penjelasan paling terang benderang yang pernah saya terima sejak saya duduk di kongres."

"Ada dua analis yang memandu kami untuk melihat melalui fokus putra mahkota terhadap Khashoggi selama dua tahun terakhir. Ini adalah operasi yang sangat canggih," kata Graham.

"Orang yang bertanggung jawab melaksanakan operasi itu adalah tangan kanan MBS. Dan tidak ada keraguan dari para senator yang menerima penjelasan dari intelijen AS," tambahnya.

Halaman:
Sumber Fox News
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.