Kompas.com - 03/12/2018, 21:59 WIB

GANDHINAGAR, KOMPAS.com - Otoritas kepolisian hutan di Gujarat, India, menggunakan metode tak biasa untuk menangkap seekor macan tutul yang diduga sudah membunuh manusia.

Diwartakan Newsweek Senin (3/12/2018), mereka bakal menggunakan umpan manusia yang sebelumnya sudah dikunci dalam kandang untuk memancing kucing besar tersebut.

Baca juga: Macan Tutul Gunung Lawu Masuk Permukiman, Terkam 8 Ekor Kambing

Macan tutup itu diduga sudah menerkam tiga orang, dua di antaranya anak-anak, dan melukai lima orang lainnya sejak pertengahan November.

Korban terakhir teridentifikasi bernama Mathuri Ganava. Times of India melaporkan dia diterkam ketika mengumpulkan kayu bakar pada 28 November.

Macan tutul itu menyergap Ganava dan menyeretnya ke semak-semak. Masyarakat menemukan potongan tubuhnya tak jauh dari tempatnya diserang.

Kepala konservasi hutan regional SK Shrivastava menjelaskan, pihaknya sudah menggunakan kandang yang dipasangi umpan binatang.

Namun, cara itu tidak bisa menarik si macan tutul. Karena itu, polisi hutan memutuskan menggunakan langkah ekstrem itu pekan lalu.

Tim berjumlah tiga orang ditempatkan dalam satu dari sembilan kandang yang ditempatkan di seluruh hutan, dan mereka dibiarkan di sana semalaman.

"Saya mengakui cara yang kami terapkan tak biasa. Namun, kadang sebuah percobaan perlu dilakukan," kilah Shrivastava.

Tiga itu adalah polisi hutan Vijay Bamania, pemburu terlatih bersenjatakan obat bius, serta seorang dokter hewan yang bertugas memastikan macan tutul itu pingsan.

Halaman:
Sumber Newsweek


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.